From: Meta Hanindita <[EMAIL PROTECTED]>
Subject: Re: [Dokter Umum] ttg AMANDEL
To: dokter_umum@yahoogroups.com
Date: Tuesday, December 2, 2008, 8:50 PM

Salam,

Tonsil atau amandel merupakan salah satu bentuk pertahanan tubuh terhadap
bakteri/kuman. Jika terjadi pembesaran tonsil,itu adalah reaksi
'pertahanan' bila ada kuman/bakteri yang mencoba masuk.

Menurut saya,daripada dioperasi lebih baik cari dulu penyebab kenapa tonsil
bisa membesar. Karena infeksi apa,mengenai organ apa dsb.

Tidak semudah itu memutuskan operasi tonsil,setidaknya ada 2 kategori. Yang
urgent atau hrs segera dioperasi jika tinsil menyebabkan gangguan napas
berat,gangguan tidur,dll. Atau yang msh dipertimbangkan muisalnya karena bau
mulut yg terus2an, frekuensi infeksi tonsil yang sering dsb.

Semoga membantu:)

Meta Hanindita,dr.
Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT