selamat siang selly,

dalam bidang medis ada yang dikenal dengan hiperhidrosis, yaitu suatu
keadaan yang ditandai dengan jumlah keringat yang banyak akibat
hiperaktivitas kelenjar keringat.
pada hiperhidrosis yang terjadi pada seluruh tubuh (generalized sweating)
sering diikuti dengan demam (suhu tubuh meningkat), meskipun ga selalu
(misal pada hipoglikemia). kelainan endokrinologi (misal hipertiroid) atau
kelainan syaraf dapat menyebabkan generalized sweating ini. hiperhidrosis
pada tempat-tempat tertentu biasa terjadi pada orang yang sehat (tanpa
kelainan penyakit yang mendasari hiperhidrosis).

tempat-tempat yang mempunyai keringat berlebih ini antara lain telapak
tangan, telapak kaki, ketiak, di bawah payudara, atau pada selangkangan.
keringat berlebih pada telapak tangan dan kaki sering berkaitan dengan
kondisi psikologis.

pada kulit yang mengalami hiperhidrosis sering berwarna lebih pucat,
kemerahan atau putih kebiruan. pada kasus yang lebih parah, dapat terjadi
kelainan kulit seperti maserasi, pecah-pecah, dan bersisik terutama pada
kulit di kaki.

akibat penguraian keringat oleh bakteri dan jamur, sering menimbulkan bau
yang tidak sebab (bromhidrosis).

untuk pengobatan hiperhidrosis yang terjadi pada seluruh tubuh, penyakit
yang mendasarinya harus ditangani terlebih dahulu. sedangkan untuk
hiperhidrosis yang terjadi secara lokal, dapat diobati dengan obat-obat
topikal. untuk mendapatkan obat-obat tersebut, anda dapat menemui dokter
spesialis kulit. tetapi jika obat-obat tersebut tidak dapat membantu, bedah
untuk mengangkat sebagian kelenjar keringat dapat menjadi alternatif.

sementara itu untuk Bromhidrosis, selain dengan obat-obat topikal, juga
harus menjaga kebersihan tubuh. bila perlu dapat ditambahkan antibiotik
secara topikal.

pada kasus yang dihadapi oleh suami anda, jumlah keringat yang banyak bisa
saja merupakan suatu hal yang fisiologis (normal). Mengingat keringat banyak
keluar terutama pada saat aktivitas fisik yang meningkat dan sesudahnya
serta pada saat makan yang banyak dan pedas.

wokeh, sekian dari saya and semoga bermanfaat yaa,,..

cheers,
irma