morning tom,

gejalan-gejala umum yang dijumpai pada pasien yang mengidap penyakit lupus
adalah:
1. kulit mudah gosong akibat sinar matahari, sehingga menjadi takut cahaya,
kemudian timbul gangguan pada pencernaan
2. sering merasa lemah, kelelahan yang berlebihan, demam dan pegal2x. gejala
ini terutama didapatkan pada masa aktif, sedangkan pada masa remisi (nonaktif)
gejala tersebut akan hilang dengan sendirinya.
3. muncul ruam merah (bentuknya mirip kupu2x) yang membentang di kedua kulit
pipi. tapi ruam merah dengan bentuk mirip cakram juga bisa muncul di kulit
seluruh tubuh, menonjol dan kadang-kadang bersisik
4. anemia yang diakibatkan oleh sel2x darah merah yang dihancurkan oleh
penyakit ini
5. rambut menjadi sering rontok
6. borok di rongga mulut
7. nyeri sendi
8. kelainan ginjal, kelainan saraf, kelainan imunologis, kelainan darah
9. antibodi antinuklit (+)

penyakit ini biasanya menyerang wanita produktif sampai dengan usia 50 tahun,
tapi ada juga pria yang mengalaminya. timbulnya penyakit ini karena adanya
faktor kepekaan dan faktor pencetus, yaitu adanya infeksi, pemakaian obat2x an,
terkena paparan sinar matahari, pemakaian pil KB, dan stress. dan sering
dijumpai gejala lupus yang muncul sewaktu hamil atau setelah melahirkan.

tubuh memiliki kekebalan untuk menyerang penyakit dan menjaga tetap sehat,
tetapi dalam penyakit ini kekebalan tubuh justru menyerang irgan tubuh yang
sehat. kesembuhan total dari penyakit ini tampaknya sulit, dokter lebih
berfokus pada pengobatan yang sifatnya sementara dan lebih difokuskan untuk
mencegah meluasnya penyakit dan tidak menyerang organ vital tubuh.

pemeriksaan darah yang dilakukan adalah yang pemeriksaan darah yang bisa
menunjukkan ada atau tidaknya antibodi terhadap fosfolipid, yaitu
antivardiolipin antibody (ACA) dan lupus anticoagulant (LA).

wokeh, sekian dari saya and semoga bermanfaat yaa,,..

cheers,
irma