Halo Mas Khairul, saya nimbrung  sedikit ya?

Ada metode KB yang namanya IUD (Intra Uterine Device) yang dimasukkan
kedalam rahim wanita dan cara kerjanya adalah dengan memancing reaksi imun
tubuh agar menyerang zat asing (dalam hal ini adalah alat IUD tersebut). Sel
darah putih akan keluar dan sekaligus menyerang sperma yang masuk. Begitu
cara kerjanya secara singkat (dan tentu ada banyak variasi alat IUD yang
juga mengeluarkan hormone dan oleh karena itu bekerja dengan metode tambahan
yang berbeda pula)

Sedangkan untuk mekanisme normal, saya sendiri belum mengetahui adanya
mekanisme seperti yang Mas tanyakan. Seharusnya secara normalnya tidak
terjadi reaksi seperti itu, kecuali sang istri memang alergi terhadap
sperma, dan tentu reaksi alerginya akan muncul pada setiap kali berhubungan.

Bila memang system imun yang tinggi akan menghambat kehamilan, tentu "tidak
lucu" bahwa untuk hamil seorang wanita yang system imunnya bagus harus
ditekan dulu dengan obat-obatan tertentu yang banyak efek sampingnya.

Mas baru menikah 4 bulan, ada baiknya sabar sedikit menunggu momongan ^^ dan
bila ternyata ada masalah dalam memperoleh kehamilan, tentunya Mas bisa
berkonsultasi pada Dokter ^^

Mohon maaf dan dikoreksi bila ada kesalahan, semoga membantu dan semoga
cepat dapat "adek" ^^

Best Regards,

Astrawinata G