Bapak, kemarin kita melakukan seminar ini adalah hasilnya,

Menurut saya, kontrak ini memamng salah kaprah dengan prosedur
hukumnya dan salah kaprah dengan asumsi-asumsi yg dibawakan oleh
Kartubu dan Rizal M (yg kelihatan pro EMI).
Hukum Indonesia diperkosa oleh EMI, bagaimana bisa lapangan pertamina
TAC bisa diambil alih oleh EMI dan melakukan kegiatan explorasi
seenaknya tanpa ada persetujuan pemerinta? apalagi biaya explorasi itu
sendiri akan di bebankan kepada bagi hasil produksi, dengan manipulasi
biaya proyek dan pembengkakan nilai proyek.

Asumsi-asumsi Kartubi juga tak berlogika, betul

kita emang butuh minyak secepatnya,

kita juga butuh duit secepatnya dan sebanyak-banyaknya,

kita juga butuh menanggulangi busung lapar,

kita juga butuh naggulangi polio,

kita juga butuh senjata,

kita butuh perbaikan sekolah banyak,

kita butuh infrastruktur banyak,

kita butuh ini, butuh itu, dan seterusnya...

apakah itu semua jawabannya adalah extention contract Cepu?

Pemerintah benar-benar mempermalukan dirinya sendiri dengan melanggar
kesepakatan lapangan TAC dan extension contract ke EMI menjadi
PSC..kapan berubahnya?? dan kapan lapangan itu dikembalikan ke
pertamina?? dan kemudian ke migas??, menurut saya Pertamina harus
ngotot untuk meminta kembali lapangan tersebut. kalau perlu PTUN kan
saja pemerintah sekarang. RM dan Kartubi , banar-banar oknum yg tak
berkelas

IAGI – HAGI half day seminar

CEPU GIANT OIL FIELD : REVEALING THE MISTERY

(geological, technical, business, political)

Jakarta, 15 June 2005 – Le Meridien

Panelists :

R.P Koesoemadinata

Rovicky Dwi Putrohari

Kurtubi

Kwik Kian Gie (absent)

Rizal Malarangeng (absent)

Moderator :

Andang Bachtiar

Notes/Quotes :

Martiono Hadianto

Participants : + 200

Media : + 15

Kontrak sumberdaya alam (migas) Indonesia di daerah Cepu dan
Bojonegoro yang dikenal sebagai blok Cepu, melalui seminar setengah
hari yang dilakukan  oleh IAGI-HAGI adalah ingin menguak berbagai
perspektif, mulai besarnya cadangan minyak dan gas bumi sebagai entry
poin dari semua permasalahan ini, aspek teknologi dan kemampuan
penguasaannya, sisi bisnis dengan berbagai term yang memiliki
kekhususan sangat special hingga pada gambaran tentang faktor politis
yang mempengaruhi pada masalah bisnis minyak di blok Cepu.

Ketidakhadiran dua orang panelis, Kwik Kian Gie yang sedianya
diharapkan dapat memberikan perspektif politik dan kebangsaan pada
permasalahan Cepu akhirnya tidak dapat hadir, walau telah diusahakan
oleh panitia hingga 15 menit jelang acara dimulai. Sementara Rizal
Malarangeng yang pada kontak pertama memberikan sinyal akan hadir
dalam seminar ini, akhirnya beberapa hari jelang gelaran seminar ini,
"beliau memiliki kesibukan lain". Namun demikian kami merasa tak
mengurangi bobot acara yang dihadiri banyak kaum kebumian migas
Indonesia, dari berbagai kalangan, tua mau pun muda, dari pemerhati
amatir hingga para pelaku sejarah Blok Cepu.

Konfirmasi ketidak hadiran Rizal Malarangeng sebagai juru bicara tim
negosiasi yang kontroversial ini mengantarkan panitia untuk menemui
Ketua Tim Negosiasi Cepu, Martiono Hadianto. Senin sore kami diterima
dan berdiskusi panjang lebar, hasilnya adalah "quotes" seperti yang
kami sajikan dalam layar dalam ruang seminar (*.

Seminar setengah hari ini dibuka oleh ketua IAGI yang mengantarkan
dalam bilingual dengan sebuah pertanyaan apakah benar yang disampaikan
berbagai pihak bahwa cepu mengandung milyaran barel minyak, benarkah
cepu giant field, atau bukan puluhan atau ratusan juta barel minyak
yang berkelas big field, ataukah little giant, ataukah small ataukah
hoax saja. Karena besaran cadangan adalah entry utama menuju pada
perhitungan-perhitungan lanjut, maka IAGI-HAGI sebagai wadah para
geoscientist (termasuk geoscientists migas) Indonesia mencoba untuk
bersama-sama menguak misteri apa yang ada di kawasan hutan jati, Cepu.
Menyingkap tabir yang selama ini banyak bersliweran di berbagai arena
(media, perkumpulan, rumors, dll). Selain perspektif teknis dari
berbagai unsur kebumian, seminar ini juga menghadirkan sisi pandang
ekonomi makro (energi) yang menjadi basis tingginya nilai bisnis Cepu.
Akhirnya, harapan memperoleh pandangan sisi politis dari "ramainya
cepu" tak dapat kita peroleh dari  panelis  yang sedianya kami
hadirkan, namun floor lah yang menjawab ini semua.

Panelis 1.

Koesoemadinata, R.P

(retired professor Geology ITB, ex. Humpuss Patragas/HPG advisor)

Memberikan gambaran tentang sejarah take over block dari Pertamina ke
HPG, dilanjutkan dengan sejarah eksplorasi. Ratusan juta barel minyak
telah diproduksikan dari lapangan-lapangan cepu hingga 1920, Kawengan
adalah temuan 1927 dan telah diproduksikan hingga 120 juta barel
minyak.

Eksplorasi Belanda 1887  yang hampir saja menemukan lapangan raksasa
Banyu Urip. Sayangnya pemboran-pemboran sumur dangkal di lapangan Tobo
yang berdekatan dengan struktur Banyuurip, masih dalam teknologi dan
konsep geologi yang ada kala itu belum mampu memecahkan misteri ini.
Eksplorasi umumnya adalah geologi permukaan, bor dangkal hingga
pemboran eksplorasi dalam, kalau pun logging juga masih sangat
primitive, namun Biostratigraphy/ micro-paleontology telah extensive
digunakan. Salah satu sumurnya Tobo-XXXV mencapai kedalaman 2000 meter
yang menemukan gas diatas BU.

1950-1960, sejarah BPM. dst

1965-1980, Lemigas, dst.

1987, Pertamina aktif berkegiatan eksplorasi dengan seismic 2 D dan
ditemukan beberapa prospek migas. Tahun 1990 HPG mengambil alih dengan
survey seismic 2D hingga dapat diidentifikasi 29 prospek migas,
teridentifikasi 2 jenis prospek untuk yang dangkal dan dalam. Prospek
dangkal ditangani sendiri oleh HPG, sementara prospek target dalam
(Kujung Reefs) akan dikerjasamakan.

Dsb dsb (gak sempet ngikuti , banyak mondar mandir…)

Konklusinya :

•         Struktur Banyuuripmemiliki potential 235 MMBO dan belasan TCF

•         The exploration history of the Cepu fields extends over more
than a century

•         It is a story of geologic ideas, exploration concepts &
plays,  exploration technology, near hits & misses, circumstances &
luck, business& politics, and intrigues

Final remarks nya adalah : OIL IS FOUND IN NEW AREAS USING OLD IDEAS

BUT OIL IS ALSO FOUND OLD AREAS USING NEW IDEAS"

and new exploration technology!

That is the exploration history of the Cepu oil fields

Panelis 2

Rovicky Dwi Putrohari

Memberikan ilustrasi dari perbandingan sisi PSC Term di Indonesia dan
Negara tetangga, profil produksi serta kaitannya dengan sumberdaya
manusia kebumian dari kedua Negara bersebelahan ini dengan judul
presentasi yang cukup mengagetkan : ARE YOU READY?

Dimulai dengan gambaran bahwa PSC term Indonesia yang tidak pada sisi
"keberpihakan dilakukannya kegiatan eksplorasi suatu daerah", dalam
arti efektivitas suatu ruang/area memiliki frekuensi untuk dieksplor
relative sedikit, karena sistem carved out yang berbasis persentase
terhadap waktu mengakibatkan area menjadi "kurang produktif", karena
ruang eksplorasi tertahan oleh term yang berbasis administratif.
Berbeda dengan di Negara tetangga yang dalam fase post-exploration
hanya dapat melakukan kegiatan fokus pada area produktif saja,
sehingga ruang carved out-nya lebih sering untuk dapat dilakukan
eksplorasi. Siklus eksplorasinya menjadi lebih cepat.

Akibat dari hal tersebut adalah reserve dan production profile Negara
sebelah relatif mengikuti kurva naik terus. Berbeda dengan Indonesia
dimana sejak era 80an hingga akhir 2000 produksinya menjadi plateau
dan setelah itu menurun. Hal ini adalah korelasi dengan aktivitas
eksplorasi suatu area yang tentunya banyak "tertahan" oleh term
relinquishment area, sehingga kurang dapat dikembangkan dalam
siklus-siklus eksplorasinya. Cepu sebenarnya adalah hasil dari akibat
2nd cycle yang dilakukan, nah… berapa banyak area-area tertahan di
Indonesia yang tak sempat dilakukan eksplorasi lanjut seperti ini?
Negeri ini kurang mendayagunakan lahan sumberdaya alamnya.

Kebutuhan atas sdm untuk pengelolaan terhadap 1000an barel oil per
hari menjadi ilustrasi berikut yang disajikan RDP, banyaknya
pengalaman dan keahlian rekan-rekan yang tersebar di berbagai
perusahaan baik dalam  negeri mau pun overseas menunjukkan gambaran
kesiapan tenaga/sumberdaya manusia Indonesia dalam melakukan
pengelolaan lapangan-lapangan migas, baik besar mau pun kecil.
Perusahaan seperti Kondur, Ekspan adalah contoh-contoh sukses dari
pengelolaan ini oleh bangsa sendiri, walau semuanya membutuhkan masa
pembelajaran, yang diiukuti dengan penurunan produksi, namun setelah
itu akan diikuti dengan fase kenaikan produksi (The learning period,
The production decline, The production increase, Maintain production).

Konklusi yang disampaikan oleh Rovicky adalah :

   Indonesian Professionals are capable to handle giant oil field.
   Production Sharing Contract is not about split but also term and schedule
   Don't missed current oportunities for learning and high oil prices

Panelis-3

Kurtubi

Identifikasi atas permasalahan Cepu, dikelompokkan oleh Kurtubi
menjadi 2 opsi, yakni (sebut saja) opsi nasionalis : Kontrak dengan
ExxonMobil Tidak Diperpanjang, dengan Blok Cepu dikembalikan ke
Pertamina tahun 2010, sehingga :

       -  Pendapatan negara (Pertamina, Pemerintah) menjadi maksimal ?

       -  Pertamina harus mencari patner baru (CNOOC ?, atau
ExxonMobil lagi ?).

       -  Baru bisa berproduksi sekitar 2013.

Dampak yang mungkin terjadi adalah tertundanya berbagai peluang:

1.  kesempatan negara memperoleh tambahan pendapatan secara
significant, padahal tahun ini saja subsidi BBM akan bisa mencapai
sekitar Rp90 trilyun sementara puluhan ribu gedung sekolah tidak mampu
direhab/dibangun, infrastruktur kesehatan/sosial yang minim, jutaan
rakyat terancam kelaparan/busung lapar.

2.  Multiplier effect dari SDA ini menjadi hilang, seperti: penciptaan
lapangan kerja. Padahal tingkat pengangguran masih sangat tinggi

Apakah hal ini akan berdampak  pada realisasi investasi migas di Indonesia ?

Opsi kedua adalah : Opsi "Pragmatis": Kontrak ExxonMobil Diperpanjang.

dengan kontrak diperpanjang hingga 2030 dalam pola KKS, beberapa
akibat yang mungkin adalah terjadinya :

         -  Pendapatan negara tidak maksimal karena harus berbagi dengan EM ?

         -  Pertamina tidak perlu mencari patner baru

         -  Bisa diproduksikan lebih awal. Berdampak:

1.  Negara memperoleh tambahan pendapatan lebih cepat guna membiayai
program2 yang sagat dibutuhkan rakyat segera. APBN akan sangat
terbantu

2. Multiflier effect yang segera bisa dinikmati: peluang untuk
menciptakan lapangan kerja  baru

         -   Hubungan yang akan menjadi lebih baik dengan AS

         -   Ada kesempatan bagi Pertamina untuk melakukan aliansi strategis

             dengan ExxonMobil di manca negara dan sektor hilir di dalam negeri.

         -   Akan berdampak posistif terhadap investasi migas di Indonesia.

Menjadi alternative sebagai usulan penyelesaian adalah opsi ketiga
yang ditawarkan oleh DR. Kurtubi yakni : Nasional yang pragmatis

Kontrak Diperpanjang namun negara bisa memperoleh bagian yang optimal
sehingga diperoleh :

•         Mencari penyelesaian yang win-win solution

•         Dalam batas2 perhitungan ekonomi yang wajar: mengusahakan
semaksimal mungkin bagian untuk negara dengan memperhatikan
kepentingan bisnis EM yang sudah secara historis sudah berada di
Indonesia sejak tahun 1920 an.

•         Ingat: masih banyak rakyat yang miskin:

                     - lapar

                     - menganggur

                     - sakit

Dimana ini semua membutuhkan uang hari ini juga ! dan lebih dari itu
adalah membawa kita menjadi bangsa yang lebih terhormat !

Floor :

1. R.O Hutapea (Mantan Staf Ahli Menteri/Advisor Partai Demokrat):

- Pertamina tak boleh pegang uang sejak 78

- Pertamina Tak boleh investasi untuk high risk

 2. Sodik :

- ? fotokopi, material ?

- Pragmatis nasionalis

 3. Brahmantyo :

- Berapa sebenarnya besar cadangan

 4. Abdul Mutholib :

- JOB kan saja Cepu itu

5. Amir Balfas :

- be pragmatic

- sejarah perlu diluruskan, terutama penemuan.

- contoh kontrak di Malaysia adalah sangat baik

6. Zuhdi Pane

7. Agus Supriyadi :

8. Johny (BP Migas)

9. Hestu Bagyo : -

10. Faisal Yusra (Pertamina )

- Keseimbangan Hulu & Hilir

- Perlu langkah2...

11. Iband (Mantan Mobil Oil)

12. Yoyo Prabowo  (BP Migas)

13. Oki Trimusakti (SANTOS)

14. Yanto Sumantri (Mantan Ketua IAGI)

15. Djoko Batik (Medco) : perhatikan split

16. Kunto Wibisono (Pertamina) :

17. M. Irfani (JOB Pertamina-Petrochina)

(maaf gak tercatat dengan baik, rekaman masih di bogor...

BEBERAPA POINT PENTING DARI PEMIKIRAN KWIK KIAN GIE

UNTUK PENGELOLAAN MIGAS BLOK CEPU

   Memiliki Cadangan Migas besar dan letaknya strategis
   Tempat pembelajaran bagi Pertamina untuk melakukan eksploitasi
migas secara penuh
   Hingga kini (setelah 60 thn merdeka) kegiatan eksploitasi migas 92
% dikuasai Asing
   Dari hasil pembelajaran, Pertamina diharapkan menjadi perusahaan
Multinasional
   Dapat melakukan kegiatan EP dimana saja, makanya diputuskan untuk
mulai go to overseas.
   Mengacu pada sikap Bung Karno untuk membatasi eksploitasi sumber
daya alam oleh pihak asing, sampai menunggu putra-putri Indonesia
mampu
   Mengacu sikap Bung Hatta saat membacakan pleidooinya di pengadilan
Den Haag pada 1932: Saya lebuh suka seluruh kepulauan Nusantara lenyap
tenggelam di bawah laut dari pada dijajah oleh tuan-tuan sekalian

(* MARTIONO HADIANTO  QUOTES ON CEPU BLOCK

(in a meeting w/IAGI-HAGI 13 June 2005)

   The nego team acknowledges that Pertamina professionals might
already have the technical capability to run Cepu Giant Oil Field on
their own, but...
   As long as Pertamina management SYSTEM and POLITICS remain
unchanged, the Pertamina professionals will not be able to implement
their capability, and hence operation of Cepu by Pertamina is
considered unrealistic
   What is meant by SYSTEM is: the PSO (Public Service Obligation),
the bundling between upstream and downstream,  lack of merit-system
implementation, etc
   Oil price escalation and condition of Indonesia'
production-consumption-import-subsidy dictate the urgency of producing
the Cepu 200.000 BOPD ASAP (2008 by EMOI-PTM if PTM agrees to JV
w/EMOI beyond 2010, instead of 2012 if operated solely by PTM)

http://mail.yahoo.com

On 6/22/05, A Nizami <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
> [...]
>  event)!
>
>  ==
>  Lapangan minyak Cepu ini memiliki kapasitas produksi
>  sebesar 300 ribu barel per hari.
> http://www.sinarharapan.co.id/ekonomi/Keuangan/2004/0531/keu1.html
>  ==
>
>  Direktur Pertamina, Widya Purnama, berkeras mengelola
>  sendiri blok minyak Cepu. Seharusnya pemerintah mau
>  pun intelektual yang jujur mau mendukungnya.
>

>  Bacalah artikel tentang Islam di:
>  http://www.nizami.org

>  Tired of spam?  Yahoo! Mail has the best spam protection around

OK TAUFIK