Assalaamu'alaikum Wr. Wb.

Saat rapat tentang bank Century, KSSK menghadapi kemungkinan terjadinya
krisis jika bank Century gagal di tengah situasi yang sedang rawan. Saya
kira  perbedaan antara KSSK dan ekonom oposan hanya pada persepsi mengenai
besarnya kemungkinan krisis.

KSSK tidak berhak memastikan akan terjadi krisis jika mereka tidak mengambil
alih Century. Demikian pula, ekonom oposan tidak berhak memastikan tidak
akan ada krisis walaupun Century ditutup.

Seberapapun kecil atau besar kemungkinan awal dampak sistemik Century,
krisis global dan situasi perbankan saat itu berpotensi memperbesar
kemungkinan dampak sistemiknya.

*Masalahnya bukan pada benar-tidaknya bank Century berdampak sistemik,
karena tidak seorangpun berhak memastikannya, tetapi pada mau tidak kita
mengambil risiko.* Dengan potensi biaya amat besar jika krisis betul-betul
terjadi, saya menganggap tepat sikap KSSK untuk menghindari risiko sekecil
apapun.

PS: Saya kira tulisan di milis ini tidak akan menghantarkan saya ke istana,
dan tidak cukup berharga untuk dibeli.

Wassalaamu'alaikum Wr. Wb.

------
Muhamad Said Fathurrohman