From: "Rio Wardhanu" <riowardh...@gmail.com>
Date: Sat, 20 Feb 2010 11:00:44
To: <ekonomi-nasional@yahoogroups.com>
Subject: Re: [ekonomi-nasional] Duit Nelu $5.2 juta dibank di Swiss tidak akan
disita.

Kalau tidak salah Indonesia sudah punya MLA yaitu Mutual Law Assistance,
intinya kerjasama dng negara luar untuk mengupayakan mengembalikan uang-uang
hasil kejahatan yg disimpan di LN.

Dalam kasus neloe, pemerintah swiss mau mengembalikan uang hasil kejahatan,
asalkan dalam putusan pengadilan tercantum harta yang disita termasuk uang
dimaksud. Sayangnya saat di pengadilan, uang sejumlah tersebut tak tercantum,
sehingga pemerintah swiss enggan mengembalikan.

Upaya terbaik adalah bahwa setiap pengadilan kejahatan korupsi seharusnya
kepolisian, kejaksaan. Bekerja sama dengan depkumham, bank indonesia dan
instansi berwenang yang memiliki akses untuk mengetahui aset yg dilarikan.

Kalau dalam proses sita jaminan, rekening yg diblokir, dan barang bukti saja
aparat penegak hukum sudah bermain, maka sulit upaya2 recovery asset tercapai.

Demikian,
Tabik

Sent from my BlogBerry®
powered by blog kopidangdut
http://kopidangdut.wordpress.com/
~dari urusan serius seperti dangdut hingga hal remeh sekadar politik jenaka~