Kalau dilihat Mazhabnya sih Faisal Basri cenderung pada Neoliberalisme. Paham
ini menganggap subsidi pada rakyat kecil harus dicabut karena merupakan
penyakit dan membuat rakyat manja. Sebaliknya "subsidi" untuk para bankir dan
orang2 kaya macam Rp 6,7 trilyun buat Bank Century dianggap satu hal yang
penting dan wajar.

Mayoritas anggota DPR yang menolak Bail Out Century merupakan cerminas dari
mayoritas rakyat Indonesia yang telah memilih mereka.

Harusnya biar imbang ada lawannya dari Ekonomi Kerakyatan seperti Dr Revrisond
Baswir atau Dr Ichsanuddin Noorsy.

Silahkan baca:
http://polhukam.kompasiana.com/2010/02/11/sri-mulyani-boediono-ekonom-hebat/

http://polhukam.kompasiana.com/2009/12/24/bank-century-perampokan-sistemik-atau-dampak-sistemik/

http://polhukam.kompasiana.com/2009/12/14/pansus-century-harus-transparan-dan-adil/

Coba lihat komentar kawan kita:
Re: [ekonomi-nasional] Deal di Balik Layar Century : Alhamdulillah hasil Century

Ketidakwarasan massal yang dipromosikan kaum neolib dan sebagian bankers serta
pengamat/pelaku bisnis keuangan ( manusia2 klimis, rambut modis, dasi impor, jas
mahal) bahwa kejahatan Budiono dan Sri Mulyani adalah demi menyelamatkan bangsa,
akhirnya terhadang dengan wakil rakyat bangsa ini, yang Allah memberikan
petunjuk pada mereka. Semoga bangsa besar ini dapat menemukan jati dirinya,
menemukan pemimpin2 nasionalis, kesatria dan bekerja utk rakyat jelata.

Tindak lanjut yang harus didesak adalah mendorong kesadaran Budiono dan Sri
Mulyani bahwa "enough is enough". Suatu hari, dahulu, saya juga sedih ketika
Habibie ditolak DPR pertanggung jawabannya. Kesedihan itu terjadi setelah
mengetahui Habibie merespon sikap DPR itu sebagai bentuk ketidakpercayaan thd
dirinya, sehingga ia mengundur kan diri dari rencana pencalonan sbg Presiden
(dalam sebuah pemilu demokratis pertama di negeri ini). Berbagai kerja keras
menyelamatkan bangsa kita dari krisis ekonomi poliitik , seperti menurunkan
inflasi, menyelamatkan perbankan yang hancur, industri mandeg, anggaran
pembangunan minim, anggaran rutin hanya untuk beberapa bulan saja, konflik
sosial meluas, dll, rasannya seperti sia2. Namun Habibie justru firm
mengundurkan diri dari politik yang ditandai dengan mengadakan sholat subuh
bareng serentak dengan seluruh pengikutnya di Indonesia.

Gus Dur pun mengundurkan diri dari Istana setelah melihat dukungan DPR
terhadapnya hancur. Meskipun dia dapat bertahan jika mau, namun sebagai
negarawan, Gus Dur firm mundur. (Semoga Allah memberi tempat yg layak untuknya)

Jika Budiono dan Sri Mulyani bersikap sebaliknya, dengan merasa sombong bahwa
mereka adalah putra putri terbaik bangsa ini yang tidak pernah salah (mungkin
juga mereka berpikir IQ nya diatas Habibie dan Gus Dur), maka mereka
sesungguhnya telah menyandera SBY dan rakyat Indonesia. Jelas terlihat bahwa
kelompok2 Neolib ini hanya seperti benalu atau parasit, yang memang hanya
bekerja utk kepentingan kelompoknya saja. Kita harus mengingatkan kelompok ini
bahwa "enough is enough", cukuplah masa2 di mana mereka mengangkangi bangsa
ini. Rakyat sudah terlalu lelah dalam kemiskinan yang berkepanjangan.

Wass, syahganda N
Phd Student, Social Welfare Study UI

Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung
Teruuusss...!