>From: "Rosmansyah mansyah" <[EMAIL PROTECTED]>
>To: [EMAIL PROTECTED]
>CC: [EMAIL PROTECTED]
>Subject: Re: [envorum] pemberdayaan media
>Date: Tue, 19 Jun 2001 12:41:59 -0000

>setuju, media harus menjadi kekuatan keempat yang menyeimbangkan. Bukan
>kekuatan yang memecah belah. oke....
>

>Rosmansyah.

Dengan demikian, tampaknya tak perlu lagi kita terobsesi dengan sebuah
pers/media yang independen, bebas kepentingan. Atau bahkan lebih naif lagi,
mempercayai masih ada segelintir insan pers yang independen, bersih dari
semua kepentingan. Musatahil! Silakan punya kepentingan, tapi secara jujur
dan jernih nyatakan kepentingan Anda. Silakan berpihak, tapi secara jujur
nyatakan keberpihakan Anda. Tak perlu membungkus kepentingan pribadi atau
kelompok menjadi kepentingan umum atau mengatasnamakan rakyat banyak. Jadi
dari pada terobsesi pada pers yang bersih dan independen, lebih baik kita
bersama-sama berjuang untuk membangun sebuah institusi pers yang jujur dan
jernih. Dalam masa seperti sekarang ini tampaknya itu yang dibutuhkan.
Memberikan begitu saja tugas sebagai kekuatan (pilar) keempat demokrasi pada
pers, tanpa kontrol dari masyarakat yang telah diberdayakan, juga menjadi
sebuah pekerjaan rumah yang amat berat bagi pers itu sendiri. Selain pers
sendiri tidak akan mampu, yang perlu dicurigai juga adalah kemungkinan pers
menjadi satu-satu intitusi yang untouchable dari kontrol, dan ini membuka
jalan bagi otoritarianisme. Siapa bilang pers   tidak punya potensi ke arah
itu. Yang penting agar pers tetap bisa memainkan perannya sebagai pilar
keempat tadi, selain kebebasan pers, yang harus kita perjuangkan juga adalah
kejujuran dan kejernihan pers.
Pers bebas belum tentu membawa kesejahteraan dan keadilan. Tapi tanpa
kebebasan pers keduanya tidak mungkin tercapai. Pers yang jujur dan jernih
juga tidak menjamin tercapainya kesejahteraan dan keadilan. Tapi paling
tidak kita tidak akan terjebak menuju sebuah masyarakat yang dibangun dengan
kebohongan. Atau paling tidak kita telah mencoba berdamai dengan hati nurani
kita sendiri.

Andre Donas