hampir semua mapping software yang tersedia di Unix dan dipakai secara komersial di industri, sudah tersedia di PC apakah memakai windows atau linux

cuma harga nya masih sama yang unix version. cuma menang di harga hardware nya.

grafik  pc juga sudah cukup canggih.

masing-masing software punya kelebihan masing2. dulu waktu belum ada versi PC dari program2 mapping yang dipakai di perminyakan, saya sering pakai golden graphics (surfer).
cukup lumayan, tetapi tidak memadai untuk daerah yang banyak fault nya.
Up-thrown dan down-thrown dari fault memang problem sampai sekarang meskipun pakai program yang canggih2. tetapi surfer lebih parah lagi.

kelebihannya adalah kalau kita mau manipulate permukaan tsb. banyak fungsi matematiknya.

surfer bisa dipakai dimana datanya agak banyak. kalau datanya jarang, akan banyak problem.

Apapun program yang dipakai, kalau surface nya agak complicated sebaiknya di grid dan contour aja dulu dengan beberapa parameter awal, lalu di edit pake tangan lalu digitize ulang, lalu di regrid.
di regrid ulang kalau mau dipakai untuk manipulasi selanjutnya.

justru itu program yang sangat berguna adalah program yang bisa dipakai untuk digitize contour, lalu membuat nya jadi grid. Kalau saya misalnya mau hemat duit. saya akan beli program ini bersama dengan program gridding/contouring yang cukup canggih tetapi tidak terlalu mahal (yang ini tanya orang lain saja merk nya, nanti disangka iklan)

atau iklan saja sekalian. tanyain lab-lab di universitas2 yang ada geology, geofisika atau geografi nya.
mereka pasti punya program2 yang cukup canggih tetapi mungkin gratis (maksud nya memang gratis dari sana nya).

mudah2an ada gunanya.

oh kalau mau nanya program yang mendigitize contour, saya pernah lihat buatan salah satu perguruan tinggi di Indonesia. Nah sekarang silahkan promosi.

salam, fbs