Mapping sebenernya banyak macamnya selain pemetaan surface struktur geologi (termasuk layer), topografi, horizon seismic dll. Namun buat geologist, pemetaan menyangkut seluruh aspek posting (plotting) data-data sebagai sarana "visualisasi" data.

Berbeda dengan geophysicist yang sering memanfaatkan mapping ini utk tujuan "grid operation", perihungan2 antar layer, kadang digabung dengan geostatistic dll. Namun bagi Geologist pembuatan peta ini yang paling ideal adalah yang sederhana (biasanya geologist ini males kalo itung2an, maksudnya 'aku' looh) misalnya sekedar utk untuk plotting dip/strike lapisan, plotting harga porositas di sumur. Bahkan juga untuk plotting bubble map, "piechart", dll.
Menurutku kebutuhan geologist utk pemetaan sebenernya lebih banyak utk visualisasi data ketimbang kalkulasi.

Surfer versi 8 yg saya coba cukup bagus, displaynya menarik (looks good), Hanya saja saya kurang tahu apakan mempunyai fasilitas utk digitising peta juga ... ada yang tahu ?

3DFieldPro yang saya pakai cukup sederhana, dan bagusnya dia membaca data dari ASCII yg di plot dengan format csv (comma delimited), jadi memudahkan untuk lintas data software (di Windoz), yg biasanya dalam Excel/Lotus.

Ada yg pernah mencoba memanfaatkan freeware GIS nggak ?

btw bagi yg tertarik freeware silahkan download freewarenya rockware :
http://www.rockware.com/catalog/free.html
- Basin2: Trace the evolution of groundwater flow regimes in sedimentary basins over time FREE!
- Convert: A free easy to use conversion utility by Joshua Madison FREE!
- Coordinate Calculator: Free coordinate conversion software FREE!
- DXF2XYZ: Free utility for converting AutoCAD DXF files to XYZ ASCII format FREE
- Erupt!: Volcanic Eruption Simulation FREE!
- GeoModel: 2.5D Magnetics & Gravity Modeling & Inversion for Windows FREE!
- GeoTrig: A collection of useful geometry and trigonometry functions for geology FREE!
- GRAV2DC: 2.5D gravity data modeling & inversion for Windows FREE!
- LogView: A free viewer for logs created in LogPlot2003. There is also a viewer for LogPlot2001. FREE!
- Magnetic: Evaluate experimental data supporting sea floor spreading and geomagnetic reversals FREE!
- Mineral Screensaver: Over 100 photos of minerals, fossils and jewelry from the Tucson 2001 show FREE!
- PEST: parameter estimation and uncertainty analysis FREE!
- Seismic: Evaluate experimental data supporting current seismic models for the earth FREE!
- SignProc: Process, plot and filter magnetic data, free! FREE!
- SPCS: A free State Plane Coordinate System map of the USA georeferenced to Latitude and Longitude coordinates FREE!
- UCODE: performs inverse modeling, using linear analysis FREE!
- Unix/DOS converter: Converts files from Unix format to DOS, and vice-versa FREE!
- VES: Schlumberger Resistivity Modelling & Inversion for Windows FREE!

RDP

From: "Franciscus Sinartio" <[EMAIL PROTECTED]>

hampir semua mapping software yang tersedia di Unix dan dipakai secara komersial di industri, sudah tersedia di PC apakah memakai windows atau linux

cuma harga nya masih sama yang unix version. cuma menang di harga hardware nya.

grafik  pc juga sudah cukup canggih.

masing-masing software punya kelebihan masing2. dulu waktu belum ada versi PC dari program2 mapping yang dipakai di perminyakan, saya sering pakai golden graphics (surfer).
cukup lumayan, tetapi tidak memadai untuk daerah yang banyak fault nya.
Up-thrown dan down-thrown dari fault memang problem sampai sekarang meskipun pakai program yang canggih2. tetapi surfer lebih parah lagi.

kelebihannya adalah kalau kita mau manipulate permukaan tsb. banyak fungsi matematiknya.

surfer bisa dipakai dimana datanya agak banyak. kalau datanya jarang, akan banyak problem.

Apapun program yang dipakai, kalau surface nya agak complicated sebaiknya di grid dan contour aja dulu dengan beberapa parameter awal, lalu di edit pake tangan lalu digitize ulang, lalu di regrid.
di regrid ulang kalau mau dipakai untuk manipulasi selanjutnya.

justru itu program yang sangat berguna adalah program yang bisa dipakai untuk digitize contour, lalu membuat nya jadi grid. Kalau saya misalnya mau hemat duit. saya akan beli program ini bersama dengan program gridding/contouring yang cukup canggih tetapi tidak terlalu mahal (yang ini tanya orang lain saja merk nya, nanti disangka iklan)

atau iklan saja sekalian. tanyain lab-lab di universitas2 yang ada geology, geofisika atau geografi nya.
mereka pasti punya program2 yang cukup canggih tetapi mungkin gratis (maksud nya memang gratis dari sana nya).

mudah2an ada gunanya.

oh kalau mau nanya program yang mendigitize contour, saya pernah lihat buatan salah satu perguruan tinggi di Indonesia. Nah sekarang silahkan promosi.

salam, fbs