ada koreksi sedikit: maksud nya Velocity dari multiples akan cenderung sama dengan velocity event itu sendiri.
dan kalau di stack akan bisa di ukur/analisa kalau itu adalah event dari multiples atau bukan.

fbs

From: "Franciscus Sinartio" <[EMAIL PROTECTED]>
To: [EMAIL PROTECTED], [EMAIL PROTECTED]
Subject: RE: [fogri] overpressure
Date: Sun, 12 Dec 2004 08:40:47 +0700

Dalam mendeteksi overpressure(o/p) memakai velocity, biasanya o/p dibagi menjadi dua kategori : pertama disebut hard o/p dan yang kedua soft o/p. disebut hard o/p kalau perubahan pressure nya sangat abrupt, sedangkan soft o/p kalau perubahan pressurenya cukup lambat (terhadap perubahan kedalaman).

Tentu saja untuk mendeteksi o/p kita harus tahu dulu normal pressure nya bagaimana. kalau pakai velocity biasanya dibuat dengan menggabungkan velocity beberapa well.

o/p biasanya bisa dilihat dari penurunan velocity (dari normal trend). nah penentuan kedalaman dari o/p ini lah memerluka pengetahuan soft o/p atau hard o/p.

kalau velocity nya diambil dari sonic log, makahard o/p biasanya akan sangat kelihatan.

kalau pakai stacking velocity sebaiknya diperhatikan interval time yang di pick. velocity yang dipick untuk keperluan membuat stack seismic biasanya tidak cukup memadai untuk dipakai sebagai dasar study o/p, karena umumnya seismic processor menghindari multiple. kecuali kalau diberitahu bahwa ada overpressure sekitar kedalaman sekian....

anjuran saya kalau mau pakai stacking velocity(NMO velocity), sebaiknya balik re -pick velocity nya tetapi mulai dengan velocity yang sudah ada. satu hal yang harus diperhatikan adalah periksa lagi apakah yang di pick tersebut adalah o/p bukan multiple dengan cara: cek nilai velocity nya dan hasil stacknya.
multiples cenderung mempunyai NMO velocity yang sama.

cara enhance cara deteksinya?...
Makin rapat velocity yang di pick makin detail mestinya, cuma harus hati2 dengan error yang dihasilkan oleh persamaan DIx (lihat bukunya Hubral, pernah saya ulas sedikit disini sebelumnya).

Yang harus diperhatikan juga adalah sering kali juga setelah overpressure di suatu kedalaman, pressure balik ke normal. jadi kalau tidak ada velocity yang di pick di kedalaman2 tsb. maka tidak akan terdeteksi.

kalau mau contoh, banyak yang sudah di publish. seingat saya VICO dulu pernah publish satu paper di HAGI, sayang saya tidak punya copy nya. Di ITB dan UGM juga pernah ada mahasiswa S1 riset untuk tugas akhir, rasanya mereka juga pakai data VICO. maaf saya lupa namanya. yang merasa silahkan promosi paper masing2 lagi

Banyak daerah yang bisa dipakai untuk study o/p tetapi Vico punya contoh yang sangat baik di lapangan Nilam, apalagi ada beberapa sumur yang menebus o/p dan data 3D seismic nya cukup memadai.

Di Sumatra dan Jawa pun banyak yang bisa dipakai untuk study o/p cuma saya tidak tahu detailnya.

mudah2an bisa membantu. saya coba cari buku2 o/p saya dan baca lagi mungkin bisa membantu.
kebanyakan copyan buku2 yang saya punya beredar di teman2 ex-Vico, jadi daripada dikirimin dari sini mungkin ada teman2 yang bisa pinjamin. atau tanya aja langsung sama Suhu nya Pak Amir Balfas.

salam,
fbs