GF4 nya rontok sedang diperbaiki support,  mari kita ngobrol lagi kalau
gitu  ......

Buat teman teman yang ingin mengikuti sequel AVO mari kita ringkas beberapa
prinsip penting :
- kisah 'metoda seismik refleksi'  melibat pasangan aktor dan aktris  yang
bernama Sudut (datang, pantul) dan Amplitude Refleksi alias AR.
- kontrak kerja pak Sudut diatur oleh kompani bernama Snelius-Descartes.
- kontrak kerja bu AR diatur oleh kompani bernama Zoeprit, dengan  diikut
campuri oleh pak Sudut yang bikin resek persoalan.  Untuk urusan kecil
kecilan (sudut : 0,<30,<60), Zoeprit biasanya disederhanakan jadi  rumus
sma biasa, Shuey dan AkiRichard.
- seperti yang diutarakan oleh Hasan Sidi ->  plot  degreevsamplitude
menggunakan shuey ataupun akirichard  akan terlihat adanya efek AVO pada
suatu reservoir tertentu, tidak peduli isinya air, minyak ataupun gas.
- yang berguna buat kita kita sebagai si tukang cari hidrokarbon sebenarnya
bukanlah si efek AVO itu sendiri karena dia pasti ada apapun isi
reservoirnya. Yang kita inginkan adalah anomali AVO, artinya  efek AVO pada
reservoir hidrokabon berkelakuan anomali (melenceng) dibanding  efek AVO
pada reservori berair. Sehingga bila kita buat Xplot near far atau g ro,
garis trend  air dan gas akan terpisah. dengan cara ini bila semua sample
seismik yang mengikuti trend air kita warnai putih  sisanya yagn warnanya
bukan putih bisa dicurigai sebagai reservoir berhidrokarbon -> as simple as
that jalan pemikirannya. Persoalannya apakah field kita punya anomali ini
?. Ini bukan masalah processing, dan bukan masalah seismik data kita.
Masalah lebih mendasar yaitu masalah fisika batuan di field kita itu.
- disinilah yang saya tulis kemaren kadang kadang AVO tidak jalan ->  bila
reservoir sangat porous pada xplot poisson ratio vs ip fluida bisa
bertumpuk di suatu zona tertentu ->  tidak bisa dibedakan. Hal yang mirip
terjadi pada reservoir terlalu compacted (burial besar).
- karena itu saya tulis kemaren  bahwa PEM sangat krusial untuk mempelajari
kelakuan field kita -> kalau memang batunya beranomali avo barulah kita
susah payah mereprocess data seismik dengan benar dan melakukan berbagai
upaya inversi dll itu .....

semoga jelas dan saya tidak salah tulis .....

                      "Hasan Sidi"

                      <[EMAIL PROTECTED]        To:       <fogri@iagi.or.id>

                      n.com>                   cc:

                                               Subject:  RE: Fwd: [fogri] AVO
Fluid Inversion (AFI)
                      18/04/2005 12:25

                      PM

                      Please respond to

                      fogri

Ada dua hal yang saya pikir perlu digarisbawahi dari statement Mas
Yuriza yang saya kutip di bawah ini:

> Harap diingat kalau kita terlalu dangkal (porous)  dan terlalu dalam
> (compacted) AVO biasanya tidak jalan.  Kalau seandainya dari
> study PEM kita dapatkan bahwa kita tidak punya effect anomaly
> AVO yang berarti stop saja sudah project AVO Fluid
> inversionnya, wong didata seismic sintetik saja (PEM kan pake
> sintetik) udah nggak kelihatan apa lagi kalau pake seismik
> beneran yang sudah pasti ada tambahan noisenya.

1. AVO tidak jalan
Mungkin Mas Yuriza bisa memperjelas maksud pernyataan tersebut. Setahu
saya istilah AVO, semenjak dipopulerkan Ostrander (1982) masih berkutat
di sekitar perbedaan koefisien refleksi dengan pertambahan offset.
Dengan rumusan yang ada (Zoeppritz atau pendekatan-nya), akan sulit
sekali didapatkan kondisi dimana tidak ada perbedaan koefisien refleksi
sama sekali dengan pertambahan offset. Apa mungkin yang dimaksud
perbedaan koefisien refleksi (kontras) tersebut kecil sekali sehingga
tidak bisa ada implikasi ekonomis-nya? Jika ya, tentunya hal ini masih
bisa dikembangkan dengan aplikasi teknologi untuk memperjelas kontras
tersebut (misalnya memperbanyak jumlah partial stack untuk simultaneous
inversion).

2. Resiko dari PEM/ feasibility study
Perlu diingat benefit dari 3D seismic survey yang memiliki kelebihan
spatial/ lateral resolution yang kemudian berlanjut dengan berkembangnya
teknik seismic geomorphology. Yang menarik dari hal tersebut, walaupun
vertical resolution dari suatu fenomena geologi dibawah tuning, namun
dengan teknik slicing yang tepat, spatial information ini bisa
diekstrak. Artinya kalau kita terpaku pada hasil "negatif" dari analisa
well data atau synthetic seismic, ada kemungkinan kita mengesampingkan
sisi positif dari 3D data yang kita punya. Contoh gampangnya kalau hanya
ada satu penetrasi sumur yang kebetulan pada pinggir suatu sandy
channel; menarik kesimpulan hanya dengan mempergunakan synthetic data
dari interpolasi sumur, akan membuat kemungkinan delineasi bagian
channel yang lebih tebal terlewatkan.

Moga-moga bisa menambah ramai milist ini ...

Salam,
F. Hasan Sidi
Fugro-Jason Australia BV
Phone: +61 8 9420.6056