Waktu itu sudah pernah saya tulis tahapannya :

- PEM (petro elastic modelling) dulu
   Pekerjaan ini yang menentukan apakah inversi akan membawa hasil atau
tidak. Pekerjaan ini multi disiplin sebenarnya, jadi nggak ada itu label
labelan      geologist atau gephysicist atau reservoir engineer dsb.
Ditempat saya kerja PEM dilakukan oleh team petrophysicist. Supaya lebih
yakin bahwa ini ekrjaan multidisiplin input untuk PEM meliputi : - well
logs raw (GR, Sonic P dan Sonic S, Rt dsbnya itu)

- hasil quantitatives evaluation  (Phie, Vsh dll itu)

- analisa core untuk mengkalibrasi Vsh jadi Vcl dan Phie atau Phit jadi
Phibulk misalnya

- PVT study untuk persamaan/harga/nilai fluida, curva temperature dan
tekanan

- check shot kalau sudah mau bikin synthetic seismogramnya.
 kalau hasilnya positip -> ada anomali avo -> lanjutkan dengan melihat data
seismic

- Data seismik yang baik
  secara general  : nmo sudah bagus, agc avo friendly, tidak ada masalah
static, tidak ada masalah amplitude mask
  secara khusus : design substack yang baik (anglenya disesuaikan dengan
target kita misalnya)

- once data subsatck sudah ditangan kalau punya software AVO untuk kerja di
near vs far atau g vs ro bisa coba kerja dulu disana unutk mencari trend
air dan trend hidrocardonnya, untuk bekerja di tool seperti ini  jangan
dengan membabi buta  bikin xplot kian kemari, perlu juga dilihat apakah
cube near mid far  tidak ada shiftnya (mestinya kalau nmo sudah bagus tidak
ada shift) ini bisa kita lakukan dengan melihat crosscornya misalnya, terus
near nya sebaiknya difilter dulu supaya frekuensinya mendekati far, barulah
xplot  dan kode warna dilakukan (arti kata kita bikin berbandingan apel to
apel gitu ....)

- dari study avo diatas kita akan tahu daerah mana yang ada gunanya untuk
diinversi jadi inversinya akan lebih kecil (murah) dan lebih efektif .....

o iya masalah inversi mana yang harus dipakai : kalau mamgn semua medukung
dan  punya data seismik bagus dan tentunya ada budget  kenapa tidak inversi
ip is karena dengan itu hasilnya bisa digoreng goreng jadi cube cube
lainnya .....

                      Prasiddha Hestu

                      Narendra                 To:       <fogri@iagi.or.id>

                      <[EMAIL PROTECTED]        cc:

                      nusa.com>                Subject:  Re: [fogri] Direct
Hydrocarbon Indicator - Re: Fwd: [fogri]  AVO Fluid
                                                Inversion (AFI)

                      26/04/2005 10:00

                      AM

                      Please respond to

                      fogri

Jadi......
- kira2 bagaimana singkatnya tahap-tahap kalo kita mau memutuskan mau run
inversi? nomer 1......apa dulu, nomer dua...kemudian apa?.... nomer
3?....dst

- oh iya seismik inversi itu kan ada dua pre stack inversi (AVO) dan post
stack inversi (penampang AI ), dasar2 apa yg digunakan untuk memutuskan
mana inversi yg mau dipakai?

-pr