Bukan karena saya satu almamater dengan Pak KK, terus saya membela beliau.

Tapi para penolak PLTN juga tidak bisa memberikan solusi yang feasible
bagaimana untuk memenuhi kebutuhan energi untuk jangka panjang ke
depan. Memang benar, Indonesia masih punya potensi yang lain, seperti
geothermal, tidal wave, microhidro, solar, angin. Hanya kebanyakan
masih berkutat ke masalah ide, belum ke kajian yang konkret. Tapi
tentu keliru kalau PLTN di-rule out begitu saja.

Salah satu pendiri Greenpeace pun sudah insyaf, bahwa PLTN ternyata
justru lebih ramah lingkungan ketimbang PLTU yang mencemari luar biasa
atmosfer bumi kita.

"    In the early 1970s when I helped found Greenpeace, I believed
that nuclear energy was synonymous with nuclear holocaust, as did most
of my compatriots. That's the conviction that inspired Greenpeace's
first voyage up the spectacular rocky northwest coast to protest the
testing of U.S. hydrogen bombs in Alaska's Aleutian Islands.

    Thirty years on, my views have changed, and the rest of the
environmental movement needs to update its views, too, because nuclear
energy may just be the energy source that can save our planet from
another possible disaster: catastrophic climate change.:"Patrick Moore

Apakah mau kita genjot terus-terusan produksi batubara, hingga langit
Indonesia hitam karena partikel pembakaran batubara?

Kalau mau berdiskusi dengan jernih, barangkali bakal keluar solusi
yang bisa lebih elegan, yang mungkin bisa jadi ada proposal yang
konkret untuk solusi energi Indonesia.

Tapi kalau belum-belum sudah antipati, karena alasan yang sebenarnya
tidak begitu kuat, dan masuk ke arena politik, wah susah.

--- In Forum-Pembaca-Kompas@yahoogroups.com, Awang BinSaS
<[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> HaLLooo PAk KK.....
>
> Jika anda berpendapat bhw PLTN itu aman, sebaiknya anda juga
mengusulkan bahwa PLTN itu sebaiknya juga  dibangun di daerah Jakarta
saja, biar dekat dengan pusat pemerintahan, seperti banyak pabrik2 di
sekitar Jabodetabek. Ngapain dibangun di daerah Jawa tengah bagian
utara.... Jepara jarang gempa, Jakarta juga jarang  gempa kok Pak....

> Gimana Pak KK, setuju khan...?????
>
> Harusnya Pak KK setuju sekali dan harus mengusulkan kalo PLTN
dibangun di Jakarta saja. Masih banyak kok lahan kosong di daerah
Jabodetabek.

> Salam Hangat...

Kirim email ke