Pak Haniwar,

Itu kan bahasa diplomasi. Pelaksanaannya kan selalu bahwa kita
setuju perdagangan bebas TAPI negara maju mesti bebas SEKARANG,
Indonesia menyusul 20 TAHUN LAGI, setuju bebas TAPI produk ini-itu
mesti dikecualikan, setuju bebas TAPI Indonesia ada hambatan non-
tarif dan seterusnya. Negara APEC yang lain tentu tidak setuju
karena mereka (yang sebagian besar negara maju) pasti ditodong ikut
pasar bebas SEKARANG.

Contoh saja perjanjian perdagangan bebas Indonesia-Jepang kemaren.
Barang Indonesia bebas masuk ke Jepang kecuali SATU yaitu beras.
Sebaliknya barang Jepang juga bebas masuk ke Indonesia kecuali 835
(DELAPANRATUS TIGAPLULUHLIMA) produk. Nah, itu namanya kan bebas di
sana gak bebas di sini.

Kemudian yang namanya economic partnership, tapi ada 40 SEKTOR
dimana investasi Jepang di Indonesia dibatasi (kalau kita sih bebas
saja investasi di Jepang. tapi apa gunanya?). Jadi bebasnya ya
seperti itu.

Makanya kalau Pak Haniwar perhatikan hampir tidak ada kritik
terhadap perjanjian EPA Indonesia-Jepang kemaren. Soalnya isi
perjanjiannya jauh lebih baik dibandingkan EPA Malaysia yang hanya
sanggup mengecualikan 38 produk atau Filipina yang dogolnya hanya
mengecualikan 2 produk dan memperbolehkan investasi asing hampir di
segala sektor.

Tentu saja saya tidak melupakan faktor bahwa "kebaikan" Jepang ini
adalah demi menjamin pasokan gas alam RI ke negaranya. Hal yang
tidak dimiliki Malaysia dan Filipina.

Andi

--- In Forum-Pembaca-Kompas@yahoogroups.com, Haniwar Syarif
<[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> ada yg menarik perhatian saya di berita kompas.
>

> Apec nggak setuju pasar bebas apec.. bgt kata sebagaian besar
anggota apec..

> di bagian lain.. dengan gagah perkasa .. Bu Marie bilang indonesia
setuju
> pasar bebas apec..
>

> Nah betul kan kita ini gagah perkasa... jauh lebuih gagah dari
Cina
> sekalipun...
>
> Beum lg soal emisi... mrk nggak mau tanda tangani target
pengurangan.. eh