Punca? Terus terang saya baru denger.

Kalau puncak sering denger

Apa ya arti kata "Punca"?

  ----- Original Message -----
  From: Kusmayanto Kadiman
  To: Forum-Pembaca-Kompas@yahoogroups.com
  Sent: Monday, January 14, 2008 8:49 AM
  Subject: [Forum Pembaca KOMPAS] Sel Punca sebagai padanan Stem Cell

  Kawan-kawan,

  Kita sering sekali dengar, lihat dan baca tayangan berita dan artikel
  perihal stem cell yang memang sedang menjadi isu terpanas di bidang
  iptek dan kesehatan.

  Macam-macam padanan kata dalam Bahasa Indonesia kita temuakan seperti:
  sel induk, sel tunas, sel embrio, sel pangkal, sel ujung dll

  Seperti biasa dalam menghadapi kerancuan ini saya kemudian tanya pada
  para ahli baik dibidang iptek maupun ahli bahasa. Jawaban yang saya
  perolehpun beragam.

  Saat saya "konsultasi" ke KBBI saya menemukan kata punca di hal-907 yang
  menurut hemat saya paling tepat digunakan sebagai padanan stem cell
  yaitu -- Sel Punca.

  Beberapa contoh pemakaian kata di KBBI, diantaranya adalah:
  a. Buku punca bahasa Jepang
  b. Punca perselisihan yang sulit diselesaikan
  c. Tiba-tiba turun angin punca beliung

  Saya mohon pendapat, masukan dan kritik dari kawan-kawan perihal
  penggunaan sel punca sebagai padanan stem cell.

  I love Monday,
  KK