Bung Godlip, dan para sahabat,
  siapa Gubernur yang tidak mau dikawal "vorijders"? Padahal Bupati/Walikota di
saentero Republik umumnya pakai pengawal "nguing-nguing" itu. Bahkan kadang
anggota Dewan pun ikut-ikutan.

  Siapa Gubernur yang sejak awal melarang seluruh staf Pemda memakai
simbol-simbol (pangkat, dll)? "Itu membuat mereka arogan dan lupa fungsinya
sebagai pelayan masyarakat", katanya.

  Dia adalah Sultan. Dibanding para pejabat Republik yang seringkali bersikap
aristokrat berlebihan (bergaya sangat ningrat), Sultan justru tampak seperti
orang biasa dalam realitas kehidupan sehari-harinya.

  Selain itu, kesiapan Sultan untuk kalah dalam Pilpres 2009 adalah sebuah
"revolusi". Sikap ini mencerminkan bahwa ia lebih cepat dari sebagian orang
Yogya dalam menceburkan dirinya pada ranah demokrasi Indonesia. Tidak mudah
mencari figur seperti ini.

  Kampanye? Ya! Karena saya adalah Sukardi Rinakit.

          Pak Godlip,

Setahu saya tradisi ini hanya berlaku untuk kalangan internal keraton. Saya
belum pernah lihat orang non-keraton mesti ngesot untuk bisa menghadap Sultan.

manneke