Pendidikan gratis sekaligus "miris"

Mendengar iklan pendidikan gratis di televisi, saya agaknya meragukan kata
"gratis" itu. Mengapa? ada dua alasannya; pertama, gratis yang dimaksud adalah
memang benar-benar tidak membayar kewajiban atas biaya pendidikan (dalam hal ini
secara formal). Kedua, gratis yang dimaksud hanyalah sekedar pelipur lara atau
trend-momentum yang direkayasa untuk menarik perhatian masyarakat Indonesia yang
kebanyakan masih dirundung kemiskinan, berhubung tayangan iklan itu muncul
menjelang pilpres.

Dalam kajian Pereniallisme, persoalan kemiskinan adalah salah satu masalah yang
tetap ada dan berada dalam proses hidup bernegara. Di zaman Yunani, orang-orang
miskin kerap menjadi prioritas perjuangan para ahli-bijaksana agar mereka mampu
mencukupi kebutuhan dasarnya. Kemiskinan baik sejak dahulu sampai sekarang terus
ada dan bukan menjadi penghalang. Maka, untuk memperjuangkan mereka diperlukan
bukan sekedar kata dan dijadikan objek eksploitasi, melainkan dididik (educere)
lewat jalur akses pendidikan baik formal, informal, ataupun non formal.

Pendidikan gratis sejatinya melepaskan beban tanggungan mereka yang selalu
terpinggirkan. Semoga!

--- In Forum-Pembaca-Kompas@yahoogroups.com, "Edy P" <edypurwa...@...> wrote:

> Pak Mendiknas, banyak kok warga masyarakat yang tidak "owel" (tak keberatan)
> mengeluarkan biaya mahal dan banyak untuk pendidikan anak-anaknya. Jadi tidak
> bisa "digebyah uyah" (disama-ratakan atau digeneralisasi) bahwa "mau
> pendidikan bagus dan bermutu kok gak mau keluar biaya".
>
> Tolong donk ditertibkan, berbagai kampanye tentang pendidikan gratis, yang
> menurut saya salah satu implikasinya adalah menjadikan sebagian warga
> masyarakat terlalu mengharap besar atau terlalu menunggu durian runtuh itu
> (orang kemudian enggan untuk berusaha sekuat tenaga).

> [...]

Kirim email ke