nambahin uda iwan yang sekampung sama ybs.
Pak Fasli yang saya tahu, berperan mensukseskan program pemerintah /
depdiknas mengubah balai grafika di berbagai kota menjadi politeknik
negeri grafika & penerbitan yang dikelola masing2 pemda. balai grafika
yang dulu bernama pusgrafin dinilai menghambur2kan anggaran terlalu
banyak tiap tahunnya, dengan menjadi poltek, selain dikelola pemda,
salah satu contoh di poltek media kreatif jaksel menjadi pusdiklat
bagi Peruri dan perusahaan percetakan, packaging & publishing dari
dalam dan luar negeri. kalau dulu menghabiskan anggaran, sekarang
malah dapat profit karena satu kali workshop untuk kelas operator
misalnya, biayanya sampai 100juta. transformasi pusgrafin menjadi
politeknik adalah transformasi platform dan aset yang tiap cabang/kota
bernilai triliunan. kalau departemen lain rame-rame bikin universiti
termasuk dephan yang membuat IDU untuk alih-alih audit KPK
[pengeluaran apapaun untuk lembaga pendidikan: halal], justru pak
fasli mengoptimalkan aset mati dihidupkan menjadi lembaga pendidikan
yang mencetak tenaga terampil siap kerja [poltek, yg dimana-mana juga
mahasiswanya diakui lebih terampil dan banyak memenangi berbagai
kompetisi]. semoga yang dilakukan pak fasli juga akan menekan tingkat
pengangguran lulusan universiti/bergelar sarjana yg menurut BPS sudah
mendekati angka 1 juta orang, karena berdasar data FGDforum, mahasiswa
poltek grafika belum sempat lulus sudah di'ijon' oleh
perusahaan-perusahaan grafika [penerbitan, percetakan, design grafis,
pengemasan] yang butuh angkatan kerja 5000-6000 orang per tahun,
sementara SMK grafika termasuk jurusan CG dan Animasi, dan poltek
grafika se-indonesia baru bisa memenuhi kurang dari 2.000 orang, dan
angka itu bisa turun sampai 1.600an karena banyak juga diantara
lulusan yang memilih bekerja di luar negeri ketika di semester 5
biasanya ada perekrutan.

2009/11/2 Satria D <satriadharma2...@yahoo.com>

> Sama dengan IJP, saya juga senang sekali bahwa pada akhirnya DIKTI punya
> program ini. Setelah mengamati berbagai masalah yang terjadi di perti kita
> saya berkesimpulan bahwa para mahasiswa kita (utamanya ya memang anggota
> BEM) perlu melihat lebih banyak dan mendapat pengalaman lebih nyata tentang
> kehidupan mahasiswa di luar negeri. Bayangkan! ketika mahasiswa di luar
> negeri sudah berhasil menghasilkan berbagai penemuan berskala dunia (para
> penemu muda hampir semuanya mendapatkan temuannya ketika masih mahasiswa)
> [...]

Kirim email ke