Menyimak perdebatan yg seru disegala pelosok negeri ini diberbagai media,
hingga sepertinya semuanya sdh jadi pakar ekonomi atau pengamat ekonomi yg
mumpuni......

Perihal Century ini .....keadaan ini mungkin bisa diibaratkan kita sama2 naik
kapal terbang atau kapal laut menuju satu titik tujuan.

Dalam perjalanan Pilot atau Kapten kapal mendapat berita didepan ada turbulensi
atau cuaca buruk yg harus dihindari supaya tidak terjadi petaka.

Maka arah penerbangan atau pelayaran diubah. Perubahan ini tentu punya
konsekuensi yaitu konsumsi bahan bakar dan waktu tempuh lebih banyak/lama.

Setelah alur penerbangan/pelayaran dirubah maka turbulensi atau cuaca buruk
dapat dihindari dan sampai ditujuan dg selamat. Pilot atau Kapten memang
cakap/terampil dalam bekerja sehingga tdk banyak penumpang yg menyadari bahwa
mereka baru saja lolos dari kondisi yg bisa membuat mereka semua celaka.

Namun ada juga yg tahu bahwa perjalanan mereka lebih lama dari yg semestinya.
Saat itulah sebagian para penumpang mulai "komplain" karena terlambat sampai
tujuan dan mempermasalahkan penggunaan "bahan bakar" dan waktu tempuh yg diluar
kewajaran/biasa.

Mereka lupa apa jadinya kalau turbulensi/cuaca buruk tadi diterobos.

Kita masing mempunyai hak menentukan sikap, komplain?, bersyukur berhasil
menghindari turbulensi, atau berandai2 wah kalau saya pilot/ kaptennya saya

Kalau perumpamaan ini kurang sesuai ya saya mohon maaf.

Salam
Kukuh Kumara
Powered by Telkomsel BlackBerry®