Tadi malam dapat balasan tentang kerusakan karena angin topan di Xiamen.
Balasannya dalam bahasa Belanda campur sedikit bahasa Jawa.
Yang balas surat ini, waktu kecilnya dibawa orang tuanya tinggal di Xiamen.
Di rumah berbahasa Belanda dan Jawa. Tidak berbahasa Indonesia.
Waktu ada reunie familie Djie di Xiamen, dia banyak membantu. Saya sertai
terjemahannya setiap alinea dengan warna kuning..

Heel erg bedankt voor de mede leving aan ons,werkelijk deze typhoon is heel
heel verschrikkelijk griezelig.
Terimakasih atas sympatie anda pada kami. Topan ini benar-benar mengerikan.

Ik ben nu bij mijn dochter met kleinzoon in Pennsylvania U.S.A.,ben 5 Sep.
s'avonds aan gekomen.
Saya sekarang sedang di Pennsylvania, Amerika,di anak perempuan dan cucu
laki2 saya. Saya tiba tanggal 5 September malam.

Mijn man is in Xiamen ,hij had de hele avond niet kunnen slapen,van wege
lichstrik en bomen gaan ieder ogenblik omvallen,flat trillde door de harde
wind,takut ambruk,geen stroom,water veel dagen,hij had vele dagen niet
kunnen baden,en had alle emmers die wij hadden buiten in de tuin gedaan om
regen water optevangen voor koken en WC......,
Suami saya ada di Xiamen. Sepanjang malam ia tak dapat tidur.Listrik tiap
kali mati,pohon tumbang,rumah susun bergetar karena angin kencang,takut
ambruk,beberapa hari tanpa air leiding,jadi tak dapat mandi. Dia pakai air
hujan, yang kami tampung di luar, di kebun,untuk masak dan untuk
toilet......

Na een paar dagen kom water aan,heel geel en vuil,water druk heel laag,de
bovenste buren komen alle maal bij ons water halen,sampai mijn man heeft
zelf niet genoeg water,maar is OK.De hoge flats soro betul,glaas ramen
werden door de wind afgewait,hele huis alle spullen vliegen uit,een hoge
flat was heel schuin geworden........griezelig.
Setelah beberapa hari, air mengalir lagi,sangat kuning dan kotor, tekanan
airnya sangat rendah.Penghuni2 di atas kami datang semuanya ke kami untuk
ambil air, sampai suami saya sendiri tidak mendapat cukup air.Tetapi tidak
apalah. Yang tinggal di flat tinggi, benar2 sengsara, jendela kaca lepas
melayang karena angin, isi rumah beterbangan. Satu flat tinggi jadi miring
sekali, sungguh mengerikan....

Tot nu toe,soms heeft mijn man weer geen stroom,gezegt dat onze stad
minstens 650,000 bomen omgevallen of uit getrokken waren,maar tot nu
toe was alleen een persoon gestorven door de typhoon gezegt,dat is heel
geweldig .Het leven van ons is weer normaal,not probleem.
Sampai sekarang,kadang2 listrik di rumah mati lagi.Suami saya bilang, ada
650.000 pohon tumbang atau tercabut,untung hanya satu orang yang meninggal.
Kehidupan di kami mulai normal, tidak ada masalah.

Kirim email ke