Bung Lusi,
1.Saya tidak menganjurkan baca tulisan bung Chan.
   Tetapi saya menanggapi tulisan bung Chan tentang debu yang disebabkan
pabrik semen.
2.Kalau ada solution mengatasi keberatan penduduk, yang bisa diterima oleh
penduduk, dan
   solutionnya lebih menguntungkan dari pada keadaan sekarang, bisa dua2nya
untung, penduduk
   setempat dan pabrik semen BUMN.
   Kalau tak ada solution, ya pabrik terpaksa dibongkar, cari tempat lain
yang memungkinkan.
3. Teman saya sewa sawah dari penduduk dengan mudah di Pasuruan yang
terakhir untuk tambak udang.
     Perjanjiannya sederhana 1. Dibayar sewa setahun dimuka seharga hasil
panen beras sawah itu.
     Jadi kalau beras naik, sewanya juga naik. 2.Pemilik sawah boleh kerja
di tambak, digaji normal.
     3.Bila tidak dipakai lagi sebagai tambak,sawah dikembalikan seperti
bentuk asal.
     Banyak sekali yang menawarkan sawahnya untuk diubah jadi tambak udang.
     Kalau saja  pabrik semen mau kerja seperti swasta untuk saling
menguntungkan dengan pemilik tanah.

GELORA45@yahoogroups.com>:

> Kenapa mendirikan pabrik dengan menyingkirkan lapangan kerja dan
> mengusiri kaum tani yang sudah mengkulturkan tanah garapan disitu? Atas
> pertimbangan kalkulasi kapital dan keuntungan yang akan dirayah atau
> mengabdi sumber kehidupan kaum tani yang sudah mendatangkan penghasilan
> untuk melanjutkan kehidupan melalui tenagakerja mereka? Tekad seorang
> ibu untuk berjuang sampai menyabung nyawapun itu tidak timbul tanpa
> sebab. Hal semacam ini perlu mendapat perhatian penuh bagi siapa saja
> yang ingin mengutamakan kepentingan rakyat.
> [...]

Kirim email ke