Kerja di bank Amerika. Saya pernah tanya teman, bagaimana dengan anaknya
yang di bank, setelah banknya
bangkrut dan tidak dibantu pemerintah Amerika. Dia bilang, ya untungnya kok
dia ditawari kerja bank lain, yang
bonafide dan lebih besar beberapa bulan sebelumnya, dn dia pindah kerja
sebelum ada krisis perbankan di Amerika..
Saya bilang pada teman, ya, saya juga beruntung, saya jual rumah telat 3
bulan saja, wah akan sulit jualnya
meskipun sampai banting harga, karena krisis itu yang menjalar kemana mana.
Kami pernah hadiri penjualan real estate teman di Pudong, Shanghai. Wah,
bukan main dalam sehari terjual 39
rumah dari 42 yang ada. Setahun kemudian ketemu teman, dia bilang wah
untung waktu itu, kalau telat 3 bulan
saja, akan sulit jualnya. Mungkin bisa rugi banyak. Saya tanya kok bisa
begitu ? Ya, ada perubahan beleid bank
Tiongkok, harus punya berapa puluh % uang sendiri, sebelum bisa minta
hypotheek. jadi untuk dapat pinjaman bank,
syaratnya jauh lebih berat.Lha ini banyak yang orang tidak sanggup.
Ternyata dunia usaha itu tidak sesederhana seperti yang tadinya saya
bayangkan.Makanya perusahaan -perusahaan
besar itu punya ekonoom sendiri atau minta advies dari ekonoom2, di samping
punya tenaga ahli di bidang usahanya
sendiri..
Salam,
KH

Pada tanggal Sen, 8 Apr 2019 pukul 10.21 b...@yahoo.com [GELORA45] <
GELORA45@yahoogroups.com> menulis:

> Hebat betul, gajinya kira2 100 ribu USD sebulannya. Bekerja sebagai apa
> dan kualifikasinya apa? Barangkali bekerja sebagai CEO dari company. Kalau
> sebagai CEO sih tidak heran.

Kirim email ke