Salam,
wah, terima kasih atas penjelasannya. Hehe
malahan saya tambah pusing jga nih ustad, karena yg di referensi saya
menurut Bukhari total jumlah yg tdk di publis itu sekitar 598 ribu.
Kalau ustad bsa bntu saya utk dapat referensi jumlah ini.
Dari penjelasan ustad mengenai kesahihan sudut pandang bukhari saya
setuju dah. Karna jalur transmisi haditsnya kuat.
Kalau masa2 awal sih saya blum ckup referensinya nih. Apalagi membhas
sirah maghazi yg gak sampe ke kita, jga lebih puyeng lgi tentang
perawi yg jalurnya lain seperti ibnu ishak. Saya sebutin jga kayak
orang2 ini, yaitu zubair bin ahwan dan satu lagi yaitu cucunya utsman
r.a .
Trus yg saya tahu dikit nih soal ilmu di arab itu ada ilmu riwayat yg
terfokus pada pewartaan, serta ilmu dirayat yg fokus ke penggunaan
akal. Nah, bukhari yg lahir pada 196 H yg jga berakirnya periode ibnu
hisyam ini maka, ilmu riwayat yg punya peranan penting. Namun jga yg
memperkuat bukhari jga ditinjau dari ilmu nasab yg fokus pd silsilah
seseorang. Nah, kalau bukhari selain mengumpulkan dan menelaah, hal
ini jga diperkuat dgn riwayat2 yg memperkuat kesahihan bukhari
sendiri meski di jalur berbeda. Karna ustad jga tau kan, kalau
transmisinya lewat pengajaran dan periwayatan. Kalau argumen satu
orang wajar kalau kita ragu, tapi kalau sama dari jalur berbeda
sekalipun apakah kita harus ragu alias kurang yakin?. Nah, sori ustad
karna so kebanyakan sisi historisnya hehe. Hm..Menurut ustad jga apa
hadis yg dari ibnu ishak byak yg valid?.
Mhon maaf sudah merepotkan. Hehe. Tapi tolong, butuh saya pencahayaan
nih
hehe.
Salam ;)

--- In gorontalomaju2020@yahoogroups.com, Luqman Elhakim
<[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Salam
>   Dalam disiplin ilmu Hadits, derajat suatu riwayat yang shahih
bila dilihat dari perawinya maka urutannya akan sbb:
> 1. Hadits yang disepakati oleh Bukhari dan Muslim
> 2. Yang disepakati oleh Bukhari saja
> 3. Yang disepakati oleh Muslim saja
> 4. Yang lulus kriteria yang ditetapkan Bukhari dan Muslim
> 5. Yang lulus kriteria yang ditetapkan Bukhari saja
> 6. Yang lulus kriteria yang ditetapkan Muslim saja
>   7. Yang diriwayatkan ulama hadits lain dan tidak sesuai kriteria
Bukhari dan Muslim

>   Perlu dicatat, bahwa Bukhari sekalipun menguasai 200 ribu hadits
shahih sebagaimana pengakuannya sendiri, namun dia hanya menuliskan +
3000 hadits dalam buku shahihnya. Artinya, masih ada 197.000 hadits
lain yang shahih menurut Bukhari yang belum dia bukukan. Nah, cara
menemukan hadits2 ini adalah dengan melihat pada karya2 ulama hadits
selain Bukhari (misalnya Ahmad, Turmudzi, Nasa'i, Abu Daud, Ibnu
Majah, Malik, Hakim, Daruquthny, Daramy, dll) kemudian mengujinya
dengan kriteria yang ditetapkan Bukhari. Bila sesuai, maka hadits itu
disebut hadits shahih sesuai dengan kriteria Bukhari. Diantara
kriteria umum ahli hadits adalah tidak menerima hadits yang berisi
dukungan terhadap suatu aliran pemikiran apabila hadits itu
diriwayatkan oleh orang yang fanatik dengan golongan tersebut atau
sebaliknya.

>   Salam :)
>

>   http://galaksi.multiply.com/

> Looking for last minute shopping deals?  Find them fast with Yahoo!
Search.

Kirim email ke