Assalamu alaikum...
Om Balibudu, nama saya Luqman. Tidak usah panggil Ust. Masih kacili...:))
Yang saya maksud 197 ribu yang dikarantina itu dari hadits2 shahih
yang dikuasainya. Tapi Bukhari menghafal seluruh hadits Rasulullah
baik yang shahih, dhaif ataupun maudhu'. Itulah mengapa dia digelari
Amirul Mukminin fil hadits. Jumlah hadits2 itu secara keseluruhan +600
ribu. Tapi dia hanya memilih +3000 (tanpa pengulangan) dari 200 ribu
yang shahih untuk dituliskan dalam shahihnya. Catatan lengkap tentang
ini dihampir semua buku ilmu hadits dirayah atau di muqaddimah Fathul
Bari.

Abu Bakar Muhammad bin Ishaq atau yang dikenal dengan Ibnu Ishaq Lahir
pada Thn 85 H. Benar bahwa banyak ulama yang menolak karya beliau ini.
Karena ada beberapa riwayat yang tidak dijelaskan sanadnya. Namun
mayoritas menerima dan mengakui kualitas karya Beliau. Diantara Ulama2
yang meberikan lisensi antara lain Syafi'i (tokoh hadits dan fiqh),
Zuhry (tokoh sejarah dan ilmu hadits), dll. Kemudian ada banyak ulama
besar yang berguru dari beliau misalnya Sufyan at Tsaury (guru sufi
orang Gorontalo:)), Hammad bin Salamah (guru Imam Bukhari) dan Yahya
bin Said (Guru Imam Malik). Karena ini adalah karya generasi pertama
yang belum ada contoh penulisan sebelumnya maka tulisannya agak
berbelit-belit :)

Termasuk penulis2 magazi generasi pertama adalah Urwah bin Zubair bin
Awwam -w. 92 H-(bukan zubair tapi anaknya), dan Aban bin Utsman bin
Affan -w. 105 H (bukan cucunya tapi anaknya).

Ilmu hadits riwayat fokus pada pewartaan atau pengumpulan
hadits(dikodifikasi pertamakali oleh Zuhry) dan Ilmu hadits dirayah
atau Musthalahul Hadits fokus pada metodologi dan ilmu2 periwayatan
(dikodifikasi oleh Ramahurmuzy)

Maaf bila kepanjangan.
Salam