Assalamu alaikum
Di Kairo,mahasiswa yang belajar fiqh dan theology pun tiba2 jadi
kritikus film. Millist2 rame dengan bincang2 seputar Film ayat2
cinta yang dinilai melenceng dari visi misi penulis novelnya. Kang
Abik sendiri ketika berkunjung ke Mesir bulan kemarin g' banyak
berkomentar.
Sebagai mahasiswa yang merasakan langsung kehidupan di Mesir, saya
juga merasa banyak ketidakcocokan. Di Mesir orang asing sulit
menjalin hubungan rapat dengan penduduk asli, apalagi dengan anak
gadisnya, apalagi sampe makan reme2 senampan? Bisa2 masuk List
Petugas Keamanan.
Trus ada adegan Fahri berjalan bersama Maria sepulang dari Kampus.
Bahkan mojok di Nil. Ada mahasiswa putri (wihdah) yang suka gosip,
ada ketua keputrian yang nyimpan foto cowok, penggambaran poligami
sebagai suatu hal yang tidak baik, de el el..
Tapi saya langsung bisa menghibur diri ketika Mas Hanung sendiri
mengakui bahwa Film AAC sengaja di set tidak islami dan berbeda
dengan novel ayat2 cinta. Apalagi setting tempatnya bukan di Mesir
tapi di India,dengan para pemeran yang tidak punya gambaran yang
cukup tentang kondisi Mesir dan mahasiswanya. Lengkaplah sudah.

--- In gorontalomaju2020@yahoogroups.com, "imusafir" <[EMAIL PROTECTED]>
wrote:

> [...]
>
> Kisah cinta yang unik akan terasa lebih menggigit kalau Tokoh
fahri
> di buat tidak terlalu sempurna.
>
> Bolo Maapu

> Imajinasi saya terhadap novel kayaknya kurang terobati dgn
filmnya.
> Contoh ketika fahri dlm gejolak hatinya di novel begitu terasa kok
> malah di film visualisasinya kurang terasa. Tapi overall bgus kok
> aktingnya fedi nuril. Selain suasana eksotik kota kairo dan gadis2
> cantik. Film ini sangat menjual.
> cewek, nanti kalo kelamaan urusannya kacau.. Dila odito ustad
Mansur?

*

*

> di