Okey, setuju atau tidak setuju, suka atau tidak suka, Kita sudah melihat
kasus yang terjadi.
Ini bisa saja kita kategorikan sebagai sebuah accident atau bencana. Sebuah
bahaya yang tidak terkontrol akan mengakibatkan bencana seperti andaS
sebutkan dan bahkan akan lebih berakibat fatal dari kasus yang ada. Menurut
saya pribadi, Solusinya adalah dengan menciptakan sebuah prosedur yang aman
untuk bekerja didaerah pertambangan. Prosedur yang bagus tidak akan berjalan
dengan baik jika Manusia yang menjalankan prosedur itu malah melalaikan
prosedur yang sudah ada. Untuk itu diperlukan integrasi dari manusia dan
system.

Solusi untuk menghentikan eksplorasi dan eksploitasi alam adalah sebuah
tindakan yang tidak bijak.
Alam kita di Indonesia khususnya Gorontalo sangatlah kaya. Kapan kita bisa
maju jika kita terus-terusan jalan ditempat seperti sekarang ini...???
Apalagi jika kita terus menerus menyalahkan keadaan.

Semua permasaalahan pasti ada solusinya. Bukankah dalam Al Quran sudah
dijelaskan bahwa pada sebuah kesulitan ada kemudahan..???

So... Focus to Solution.

regards,
-sp-