Ini sekedar pengamatan...
Beberapa kali saya mengunjungi beberapa bagian wilayah
Gorontalo di pinggiran, acap saya jumpai anak-anak
pengidap Hydrochepalus dan gizi buruk.
Dan dalam sebuah wawancara bersama teman2 kontributor
TV nasional dengan seorang pejabat kepala rumah sakit
(waktu itu), ia mengatakan dalam "off the record"nya
bahwa sesungguhnya masalah kesehatan di Gorontalo
menduduki ranking pertama di seluruh Indonesia, data
ini diambil secara diam2 oleh departemen kesehatan RI
(semacam intel Depkes), Jadi tidak melalui laporan
pemerintah provinsi (yang biasanya data sudah
"disesuaikan").
Masalahnya apakah masyarakat atau pemerintah
menganggap itu sebagai masalah pembangunan? jangan2
gizi buruk cs itu bukan masalah karena saking
banyaknya.

=t=

Kirim email ke