Assalamu'alaikum wr.wb !

Dulu sempat ada usulan agar dewan adat di Gorontalo tidak berada di bawah
pemerintah alias berdiri sendiri, supaya tidak mudah diatur oleh pemerintah.
Karena saat ini disinyalir dewan adat sudah mulai digunakan untuk kepentingan
politik. Apalagi yang berkepentingan adalah atasan mereka seperti bupati,
walikota atau gubernur. Tak heran jika sekarang ini ada tokoh adat yang
mendukung si A lah, menolak calon B lah, dll. Sebab kalau tidak, mereka akan
menerima resiko seperti dipecat dsb.
 Kini muncul lagi wacana pemberian gelar adat kepada Sultan HBX. Saya  tidak
tahu entah apa motivasi pemberian gelar adat ini. Tapi setahu saya, orang
yang diberi gelar adat atau pulanga itu adalah tokoh Gorontalo yang
sudah meninggal dunia, atau orang yang telah banyak berjasa bagi Gorontalo,
atau putera terbaik Gorontalo . (Ini olo cuma ada dengar pa orang tua-tua).
Nah untuk Sultan HB, apakah  ada yang telah diperbuat untuk Gorontalo sehingga
begitu antusiasnya pemerintah memberikan gelar adat bagi beliau. Dewan adat
harus memberikan pertimbangan yang benar-benar matang kepada pemerintah, pantas
atau tidaknya pemberian gelar adat ini. Supaya ke depan gelar adat  tidak
sembarang digunakan untuk kepentingan orang perorang.
Namun jika keputusan untuk pemberian gelar adat ini sudah bulat,
mudah-mudahan saja para pemangku adat kita tidak keliru dalam memberikan
pertimbangan.  Perlu juga ada alasan yang logis, mengapa gelar adat
ini diberikan. Kalau perlu ada jejak pendapat masyarakat Gorontalo tentang pro
kontra ini.
Dan terakhir,  Bolo maapu ju jika ada yang kurang berkenan.....Besok-besok,
siapa tahu saya yang akan dapat gelar adat " Ta Loo Tolonggala Lipu" He he he

Booditopomao ju....
Jabolo poyingo

Femmy