From: debby mano <[EMAIL PROTECTED]>
Subject: Bls: [GM2020] Info gempa Gorontalo dari USGS
To: gorontalomaju2020@yahoogroups.com
Date: Tuesday, November 18, 2008, 1:47 AM

Info terkini dari Satkorlak Provinsi dan laporan masyarakat hanya satu yang
meninggal dunia. Namun di sejumlah media massa Jakarta ada tiga orang yang
tewas akibat gempa yang merupakan data dari Depkes RI.

Saya cukup terganggu dengan perbedaan data ini dan kemudian menanyakan kepada
salah seorang Irjen, pak Rustam Pakaya yang merilis data itu ke media massa di
Jakarta. Katanya dua orang lain yang meninggal itu di RS Aloei Saboe, yang satu
meninggal karena saat dioperasi mati lampu, trus yang lainnya karena shock.

Tak puas dengan jawaban itu, saya cek lagi ke Direktur RSAS, Nurinda Rahim.
Katanya dua orang meninggal itu bukan karena gempa. Yang dioperasi meninggal
siang hari atau sekitar 10 jam setelah gempa, tapi operasi tetap berjalan
dengan lancar. Trus yang satunya lagi meninggal siang hari, mungkin karena
penyakit gagal ginjal yang sudah parah kata Nurinda. Apa kedua orang ini bisa
dikategorikan korban gempa????
Kalaupun pasien itu meninggal karna mati lampu saat gempa, kok bisa-bisanya
RSAS tidak mengantisipasi lampu mati saat operasi? Kok gak pake genset? Gak
Profesional donk?

Yang jelas terjadi perbedaan data dari Pemprov Provinsi dan Departemen
Kesehatan, tapi bukankah data resmi seharusnya data dari Pemprov Gorontalo??? ?