Assalamu alaikum semua.....

Saya sudah menduga bahwa akan beragam respon tentang tulisan saya
kemarin tentang IKLAN "POLITIK"  EXPLOITASI KEMISKINAN. Mulai dari
simpatisan, Tim sukses (moderator GM2020 juga hi hi hi... harusnya
netral ju..), bahkan sesepuh OH tidak kurang ikut ambil bagian
meramaikan diskusi ini.

Satu hal yang kembali saya sampaikan bahwa: Saya secara pribadi tidak
punya masalah dengan saudara El Nino maupun simpatisannya, saya hanya
ingin menyampaikan bahwa pesan politik yang beliau usung dengan tema
memberikan pendidikan politik buat rakyat Gorontalo justru berefek
negatif terhadap perkembangan Demokrasi di Gorontalo.

Dari beberapa tulisan dan tanggapan simpatisan bisa dilihat bahwa
ketertarikan orang kepada Elnino bukan karena dia cukup "sexy" dalam
tataran kepantasan dan kepatutan untuk menjadi senator, tetapi   karena
(mohon maaf sekali lagi) "kepapaan dan kemiskinannya". Lihat komentar
Deby bahwa "dia benar - benar miskin, bukan pura - pura, lantai rumahnya
tidak diplester, dll".  Belum lagi komentar bahwa istrinya cantik  dan
anak - anaknya pintar, ini semakin jauh dari relavansi perjuangan untuk
memberikan pencerahan politik kepada masyarakat bahwa yang kita pilih
adalah wakil rakyat Gorontalo yang punya kapabilitas dari segi keilmuan,
Takut kepada Allah, punya ahlak mulia, tidak ingin memperkaya diri dan
keluarga serta golongan tertentu, bukan milih seseorang karena dia
miskin apalagi milih istrinya atau anak - anaknya.

Saya haqqul yaqin bahwa jika beliau mempunyai itu semua, meskipun tanpa
harus mengexploitasi kemiskinannya akan terpilih mewakili Gorontalo
untuk DPD yang lebih baik. Dan saya orang pertama yang berdiri dibarisan
terdepan mempromosikan beliau minimal dilingkungan saya dan keluarga.

Bahwa Negara ini adalah negara demokrasi, itu memang benar...!
Bahwa hak politik bukan milik  semua orang, itu 100% benar....!
Bahwa orang  miskin, susah, tidak punya bahan pangan, tempat tinggal
punya hak juga berpolitik, itu tidak terbantahkan...!
Bahwa orang berduit pun, juga punya hak untuk berpolitik, itu juga tidak
salah...!

Lantas yang didengungkan bahwa ada kesan bahwa seolah - olah selama ini
hanya orang berduit, kaya  raya yang bisa berpolitik?  Seperti itu
kesan  tema kampanye El Nino. Mo Kampanye Ja To Doi ya...! Mo Kampanye
gratis wa...!

Kalau ada tokoh masyarakat,  Takut kepada Allah, punya ahlak mulia,
tidak ingin memperkaya diri dan keluarga serta golongan tertentu (karena
dirinya juga sudah kaya) agamis, Sangat cerdas,  bijaksana, ramah,
santun bertuturkata, sangat merakyat, rajin bersedakah dan zakat,
dicintai oleh keluarga lingkungannya  TAPI TERNYATA DIA SANGAT KAYA
punya sawah berhektare2, pabrik  penggilingan padi, kelapa ribuan pohon,
apakah dia pantas juga untuk menjadi wakil rakyat Gorontalo???.  Apakah
orang seperti ini hidupnya tidak berlandaskan pada nilai - nila luhur
dalam tuntunan Alquran dan Hadits yang jauh lebih mulia dari "sekedar"
mohon maaf Nilai - nilai luhur Gorontalo  (Tiyombu Lolipu lo Hulanthalo)
yang terlalu kita agungkan melebihi Alquran dan Hadits.

Menurut sebuah lembaga Survei tentang minat pemilih terhadap caleg
idaman ada beberapa kriteria yang di inginkan msayarakat pemilih:

1. Mempunyai integritas yang tinggi dan berahlak
2. Taat ber Agama
3.Tidak akan melakukan korupsi
4. Telah memiliki bukti hasil karya dalam masyarakat
5. Profesional dan mempunyai latarbelakang  pendidikan yang baik
6. Mempunyai kemampuan ekonomi sehingga tidak membebani partai dan
tidak akan memperkaya diri.
7.  Mampu menyampaikan dan menyuarakan keinginan rakyat
8. Mempuyai wawasan kebangsaan dan Kenegaraan

Adalagi hasil penelitian dibawah ini:

1. Pemimpin yang mempunyai visi; yang memiliki pandangan yang jauh ke
depan dan mampu memberikan landasan yang tepat untuk melanjutkan estafet
pembangunan nasional untuk sampai kepada cita-cita bersama bangsa
Indonesia.

2. Mempunya program yang konkrit dan dapat mengimplementasikannya secara
nyata untuk mengatasi Krisis multi dimensional (Ekonomi, Politik,
Kesehatan, Pendidikan, Moral, Pertahanan Keamanan).

3. Secara nyata Memperlihatkan pemihakan terhadap Kemajuan dan
keunggulan Komparatif Bangsa.

4. Dalam Prinsip Moral, tidak pernah melakukan tindakan tindakan yang
melanggar moral seperti (Korupsi, Pelanggaran HAM, dan lain-lain).

5. Secara Politik Mempunyai kekuatan yang signifikan dalam menjalankan
tugas dan tanggung jawabnya sebagai penyambung suara rakyat, dalam
memperjuangkan hak-hak rakyat dan bangsa Indonesia secara keseluruhan.

6. Dapat bertindak dan mengambil keputusan yang tepat dalam
menyelesaikan berbagai persoalan yang telah muncul dan kemungkinan akan
mencul di masa depan.

7. Dalam setiap tindakannya selalu mengutamakan kepentingan seluruh
bangsa Indonesia di atas kepentingan pribadi, kelompok, dan partainya.

Jika kriteria di atas terpenenuhi tidak mustahil 5 tahun ke depan Bangsa
Indonesia akan menjadi bangsa yang makmur sejahtera. Disegani oleh
bangsa-bangsa lain di dunia dalam percaturan Internasional. Bahkan akan
menjadi Bangsa "Baldathun Tayibathun Warrabbur Ghafur".

Hasil penelitian : Taruna Ikrar
Postdoctoral Scholar,
University of California, School of Medicine, Irvine, CA, 92617, US
America
President Center For Interregional Study (CFIS)

Nah, sekarang Uji Kepantasan dan Kepatutan Calon Anggota DPD
berlandaskan kepada beberapa kriteria tersebut diatas, maka Insya Allah
akan diperoleh hasil yang obyektif. Demikian juga kita uji Sdr. Elnino,
bukan memilih karena Kasihan dan rasa iba.

Muhlis Pomalingo

--- In gorontalomaju2020@yahoogroups.com, Taufik Polapa <icky...@...>
wrote:

> Ustad Mansur,,,
>
> apa Hubungan Komentar Shur di bawah ini ttg Mahar dan tolobalango
dengan topik ELNINO dapat 10 JUTA ?
> Apakah dari Tulisan shur di bawah ini, menandakan Shur Akan
motolobalango sama ti deby ?

> Semoga saja wa... bersamaan dengan Elnino terpilih nanti di rangkaikan
saja acaranya.

> Amin amin Amin
>
> Wassalam
>
> TP

KAMPANYE SUP
> To: "debby_1...@..." debby_1...@...
> Cc: "gorontalomaju2020@yahoogroups.com"
gorontalomaju2020@yahoogroups.com
> Date: Wednesday, April 1, 2009, 4:49 AM

> &quot;Serahkan pada Mahar dan alam&quot;. Kata2 ini adlh jawabn si
Mahar kpd ibu Muslimah ketika sikolah SD Muhammadiyah mau diikutkn
karnaval, pd Film Laskar Pelangi. Singkat cerita, Mahar dkk mnjuarai
karnaval berkat ALAM dan KECERDASAN MAHAR. Awalx kawan2 Mahar
menyangkanya gila krn Mahar mencari inspirasi pada alam. Awalx juga
kawan2nya jadi pesimis ketika melihat SD tetangga begitu elit tampilanx.
Ups, jadi gak nyambung ni dgn judul postingan. Hehe.. Soale ana bahagia
bangat baru bisa donlot dan nonton film Laskar Pelangi. Sbenarx ana fans
bangat pa te Ikal; yg mendapatkn motivasi kuliah ke luar negeri, gara2
kotakx Aling. :-D

> Salam.

ini (seganteng orangnya) waa, buat update hasil survey sementara. Baru
ada kabar baik, ternyata uang yang el nino dapa itu lebe banyak dari ana
pe postingan pertama --- Pada Rab, 1/4/09, Ismail Giu izam_u...@yahoo.
co.id> menulis: Dari: Ismail Giu izam_u...@yahoo. co.id> Topik: Bls:
[GM2020] Re: EL NINO DAPAT 10 JUTA DARI WARGA SAAT KAMPANYE SUP Kepada:
gorontalomaju2020@ yahoogroups. com Tanggal: Rabu, 1 April, 2009, 5:44
PM

lagi (milis yang hanya menjadi tempat tumbuh suburnya budaya TUTUHIYA
wau MOHIHIYA), alasan saya kenapa "tidak wajib" baca Milis ketimbang
facebook saya (yang memang banyak foto cewek cantik hehe)

(berhubung ini bukan komunikasi lisan dan tatap muka, saya persingkat
pembahasan untuk menghemat energi jari mengetik).

hadir di panggung politik, atau bahkan menang dalam Pemilu/pilkada/
pilpres cara paling "gampang" yakni dengan politik uang. Dalam skala
besar ba bayar bentor plus depe penumpang untuk kampanye,sogok ketua DPC
sampe DPD "Partai Kuat" untuk pencalonan Kepala Daerah,  atau
menghabiskan dana trilyun untuk iklan kampanye. Dalam skala besar, skala
kecil kase doi 20 ribu untuk satu stiker atau baliho dll.

icky atau teman teman lain sempat ka ayula coba datang pa depe rumah).
Rumah tidak ta plester, atap tidak ta plavon, kursi ala kadarnya. (Bo
depe maitua cantik dan anak cerdas-cerdas hehe).

diri sebagai wakil anda, mereka, dan saya untuk duduk di parlemen nanti.
Jika hanya soal uang, mungkin sejak lama Elnino mestinya mundur, tapi
tidak semata-mata soal itu. Ada hal yang dia perjuangkan. Memperjuangkan
tidak saja ketika dia DUDUK SEBAGAI ANGGOTA DEWAN, tapi juga SAAT ELNINO
MENCERDASKAN (berkampanye) dengan nilai yang dia bawa dan di
komunikasikannya.

adalah paradigma konvensional, picik dan kolot yang ingin dirubah Elnino
dan sahabat sahabatnya. Sebagai cendekiawan muda, Elnino ingin
menghadirkan paradigma baru dalam berpolitik dan berkomunikasi politik.
kampanye tidak semata-mata soal uang, kampanye tidak semata mata soal
menjelekkan dan mencela orang atau partai lain (seperti yang dilakukan
Mega dan SBY saat ini, atau bahkan caleg caleg yang anda kenal atau
partai yang anda dukung, atau bahkan saya dan anda sendiri).

pesan yang harus disampaikan kepada calon konstituen. Sejauh ini Elnino
sudah melakukannya. Dengan menghidupkan kembali Nilai luhur Gorontalo di
saat zaman keemasan, Elnino seolah menyadarkan kita "ihh iyo am,
ternyata dengan kecerdasan, keimanan, persaudaran, kekeluargaan"
Gorontalo pernah mencapai masa keemasannya yang kita kenal dengan
"ILOMATA WOPATO".

mendukung Elnino TANPA PAKE DOY dan atau bahkan justru menyumbang.
Kenapa ? karena mereka ingin dicerdaskan, ada pesan yang tersampaikan,
ada nilai - nilai yang diberikan sehingga kampanye dan pemilu tidak
semata mata soal goyang pemicu birahi, doy 50ribu, atau beras lima liter
untuk jadi Anggota Dewan yang terhormat.

semua (tapi cuma utuk orang yang ingin dicerdaskan dan meninggalkan
budaya kolot dan konvensional) , jangankan moba kase doi, NANGIS pun
dilakukan. (Demi Allah banyak masa yang hadir di kampanye maupun ikut
kajian dengan Elnino, yang nangis). Karena apa? karena SADAR Sudah sejak
tahun 71 ternyata PEMILU hanya BISA MENIPU kita. Mereka ingin bangkit
meski dengan kesadaran-kesadaran moral secara invidu yang tercerahkan.
Minimal, ada kalimat "kita tidak mo ganti kita pe nasib selama lima
tahun cuma karena baras 5 liter". Disitulah komunikasi politik berguna
dan mencerdaskan.

lain. Untuk dirinya, silahkan kalo ada yang mau hubungi langsung te
elnino minta depe CV (aaa pa depe stiker ada depe nomor telp, saya tidak
perlu tulis di sini). Yang jelas dia Berilmu (syarat untuk hidup bahagia
dunia dan akhirat).

yang lebih baik.jangan anggap pelecahan buat bung el nino

baik bukan perkara mudah.apalagi tanpa dukungan dana memadai.

jarak saling berjauhan kesibukan masing2 dan dengan pemikiran yang
berbeda2 dan dengan dana yang sama sekali tidak ada....dan paling sering
gesekan antara sesama orang gtlo dengan typikal yang berbeda2 kadang
semua di ujung kehancuran.

keluarga dengan beragam kegiatan.... soal dana ada mekanisme yang kami
bentuk tanpa menjual kemiskinan

lagu gtlo dan rencana kita mau bikin album , ada sanggar seni dan tari
dan semua telah terbukti di atas panggung .... ada taekwondo buat anak2
gtlo yang berumur 5 sampai 12 tahun   .semua itu adalah orang gtlo di
rantau yang dulu tidak ada sama sekali dan tidak kenal satu sama lain
apalagi di kenal oleh orang2 kaya di ibukota.

dan masuk dalam wilayah KOrwil Kab bekasi dan  kami slalu ada dengan
segudang prestasi.

sebagai humas sekaligus pelaksana,hinngga semua orang gtlo di kabupaten
bekasi tanpa tekecuali dapat merasa ada dan hadir di setiap kegiatan2
gtlo.

nino yang saya tidak tau kenapa saya mesti terlibat.mungkin rasa heroik
tergugah saat ketemu ibu hajara yang tinggal di cikarang dr tahun 60 an
dan tidak kenal lingkungan gtlo tersisi di pojok di perkampungan sebagai
guru.hingga akhirnya saya bisa menghadirkan beliau di setiap halal bi
halal  di jkt ketemu dengan saudara handai tolan sesama gtlo

di kegiatan2 gtlo rasa kangen kian mendera karna dia selama ini hanya
berkeluarga dengan orang2 sunda.

.tapi atas nama gtlo apapun yang terjadi ayo kita jalan sama2

SUP

menunjukkan "kemiskinan" memakai simbol atribut mobil butut, dsb.
banyak juga caleg yang miskin tapi tidak "licik" menggukan KEMISKINAN
YANG PURAPURA untuk mempengaruhi orang.

disebut oleh bung Sofyan. Jangan cengeng  minta dikasihani seperti itu.

merubah startegi kampanye setelah membaca postingan dimilis ini. (kita
tunggu ubah tampilan websitenya juga).

tapi masalah moral dan tanggung jawab pendidikan politik kepada
masyarakat.

atau tidak terus dibiarkan saja orang yang membodohi masyarakat dengan
pola kampanye iklan politik yang tidak mendidik?... .

beliau . Saya hanya kenal dari jargon politik beliau yang melekat bahwa
dia itu tokoh yang maju melalui DPD tanpa modal duit pribadi, tetapi
atas belaskasihan dari warga yang bersimpati oleh "kemiskinan" beliau.

berhak menggunakan cara-cara kampanye selama tidak bertentangan dengan
aturan main KPU. Biarlah masyarakat yg menilai. Masyarakat gtlo skrg kan
sudah tidak bodoh lagi...

kapabilitasnya. Dan baru bisa teruji setelah dia terpilih nanti, yah
kita liat aja perkembangannya.

lebih cepat yang dioptimalkan untuk Yahoo! agar Anda merasa lebih aman.
Gratis. Dapatkan IE8 di sini!

Gratis.http: //downloads. yahoo.com/ id/firefox

meng-upgrade browser ke Internet Explorer 8 baru yang dioptimalkan untuk
Yahoo! Dapatkan di sini! (Gratis)

> Firefox 3: Lebih Cepat, Lebih Aman, Dapat Disesuaikan dan Gratis.http:
//downloads. yahoo.com/ id/firefox

Kirim email ke