Beda dengan di luar negeri, seperti apa pun kualitas universitas di Indonesia,
sepertinya belum berkorelasi kuat dengan kualitas alumninya. Tetap saja
tergantung individu mahasiswanya. Pengalaman saya, alumni S2 UI, ketika turun
di kampung2 Gorontalo, ternyata harus banyak belajar dari rakyat yang bahkan
sekolah Paket-A-B-C pun tidak, tetapi metodologi pikirnya cukup bagus.

Terkadang saya merasa (bo terkadang pooli ini, hehe), kita yang hidup di
Gorontalo itu memang sudah dilahirkan jadi orang cerdas, tetapi sekolah dan
universitas (dimana saja di Indonesia kita sekolah) yang mengungkung lompatan2
ilmiah dari kecerdasan yang kita miliki. hehe

Odu'olo,

Elnino

--- In gorontalomaju2020@yahoogroups.com, "Funco Tanipu" <funcotan...@...>
wrote: