grounding (istilah reiki) intinya adalah pembersihan, membuang hawa-hawa
kotor di kepala dan tubuh ke bumi agar seluruh tubuh jadi bersih.

 Idealnya, sebelum mengolah nafas atau menyerap prana, praktisi membuat
shield dulu agar tidak ada energy negatif, atau energi berhawa kurang baik
masuk.
Kemudian setelah latihan diikuti dengan grounding.

Dalam Reiki dikenal sebuah teknik yang dinamakan “Teknik Grounding”. Teknik
ini dipercaya dapat menetralkan energi-energi negatif dalam tubuh manusia.
Konon teknik ini sangat baik untuk dilakukan sesaat setelah praktisi Reiki
menyelesaikan proses penyaluran energi Reiki, bahkan jika penyalur energi
“tertular” eterik negatif maka teknik grounding ini merupakan solusi handal
untuk menetralkan eterik-eterik negatif tersebut, sehingga tubuh eteral
manusia menjadi bersih kembali. Nah, sepertinya seru khaan?

Terkadang cara grounding ini lebih dijadikan sebuah ritual ketimbang teknik
yang dahsyat, lhoo mengapa ? ya karena kebanyakan dari praktisi Reiki belum
dapat memahaminya secara komprehensif alias holistik, walah-walah
maksudnya??

Teknik grounding sebenarnya merupakan teknik visualisasi yang dilakukan guna
menuju sebuah relaksasi yang dalam. Hal ini dimaksudkan agar seseorang yang
sedang dalam keadaan negatif (baik pikiran, perbuatan, kecemasan, dll) dapat
memprogram dirinya menjadi lebih baik.

Teknik visualisasi yang dilakukan pada saat Grounding Technique biasanya
cenderung  menggabungkan antara: 1) unsur visual (imajinasi) dengan 2) unsur
rasa (kinestetik) manusia, sehingga dapat memberikan sebuah self programming
yang luar biasa yang digunakan untuk melakukan mind and body recovery (
perbaikan fungsi pikiran dan tubuh).

1) Unsur Visualisasi

Teknik visual yang dilakukan dapat berupa pembayangan antara keadaan
sekarang dengan keadaan yang diharapkan ( present condition) dengan (
expected condition). Biasanya dapat membayangkan sebuah sinar atau warna
tertentu. Warna yang biasa digunakan adalah warna yang menenangkan seperti
hijau. Warna hijau dipercaya merupakan warna alamiah ( natural) yang
berfungsi untuk mengembalikan seseorang kesuatu keadaan yang lebih baik
alias tenang. Sebagai contoh saat seseorang sedang merasakan kepenatan, maka
dengan memandangi pepohonan, dedaunan, rerumputan, segala sesuatu yang hijau
dipercaya dapat menghilangkan kepenatan tersebut. Nah, dari hasil penelitian
yang berkenaan dengan pikiran dan otak maka saat kita memandang kesebuah
pemandangan yang indah sebenarnya otak / pikiran kita tidak  membedakan mana
yang kejadian memandang sebenarnya dengan mengingat / membayangkan sebuah
pepohonan yang hijau.

Sehingga apabila Anda merasa penat, pusing, dll anda dapat memanjakan diri
anda dengan melakukan relaksasi tanpa anda pergi berekrasi jauh ke Gunung,
Danau maupun pantai sekalipun. Lho apakah bisa ? Ingat pikiran kita tidak
membedakan pemandangan yang langsung kita lihat dengan hanya bersifat
imajinasi, sehingga teknik grounding dalam Reiki berfungsi untuk merilekskan
seluruh bagian tubuh guna dapat mengembalikan fungsi-fungsi tubuh ke kondisi
yang terbaik.

2) Unsur Visual

Nah, selain visualisasi ada juga unsur rasa (kinestetik) yang memang harus
diberdayakan dalam teknik grounding. Hal ini dikarenakan berimaginasi tanpa
mengikutkan perasaan merupakan hal yang sia-sia, lho mengapa begitu?
penjelasannya seperti pada saat seseorang pergi berekreasi jauh ke sebuah
tempat rekreasi namun dikarenakan pikirannya masih banyak terbebani dengan
pekerjaan, dll maka malahan dapat menyebabkan timbulnya stress, dll.

Saat seseorang melakukan teknik grounding, maka ia harus dapat mengontrol
perasaannya menuju kesebuah perasaan yang lebih baik. Ingat, kenyamanan dan
ketenangan seseorang sebenarnya terletak pada keyakinan (belief system) yang
ada pada diri manusia tersebut.

Dengan penggabungan antara visual, dengan kinestetik tersebut maka alhasil
terjadilah sebuah sinkronisasi yang seimbang sehingga dapat membawa
seseorang menuju kearah yang lebih baik. Inilah sekelumit penjelasan dari
sebuah hakekat terhadap teknik grounding yang jika dipahami secara holistik
dapat bermanfaat kesetiap aspek kehidupan kita semua,