From: "Herman Adriansyah" <hmadrians...@yahoo.co.id>

Date: Sun, 28 Jun 2009 09:55:57
To: <harmonisasi-universal@googlegroups.com>
Subject: [HU] Re: attunement SMDH Level 1.

Grounding Technique Dalam Reiki

Dalam Reiki dikenal sebuah teknik yang biasa disebut dengan “Teknik
Grounding”. Teknik ini dipercaya dapat menetralkan energi-energi negatif
dalam tubuh manusia. Konon teknik ini sering digunakan oleh praktisi Reiki
karena sangat efektif untuk dilakukan sesaat setelah praktisi Reiki
menyelesaikan proses penyaluran energi Reiki, bahkan jika penyalur energi
terkontaminasi oleh “energi negative” dari pasien , maka teknik grounding
ini merupakan solusi handal untuk menetralkan energi / eterik-eterik negatif
tersebut, sehingga tubuh eteral manusia menjadi bersih kembali.

Namun dikarenakan proses pembelajaran teknik grounding lebih kearah mistis
(agar para murid lebih menghayati makna teknik tersebut), terkadang cara
grounding ini lebih dijadikan sebuah “ritual“ ketimbang pengaplikasian
“teknik yang dahsyat”, lho mengapa? ya karena kebanyakan dari praktisi Reiki
belum dapat memahami makna Teknik grounding-nya secara komprehensif alias
“holistic”/menyeluruh, maksudnya? Teknik grounding sebenarnya merupakan
teknik visualisasi yang dilakukan guna menuju sebuah relaksasi yang dalam.
Adapun pemograman yang dilakukan pada saat penggunaan teknik ini adalah
membuang segala energi negative , tepatnya agar seseorang yang sedang dalam
keadaan negatif (baik pikiran, perbuatan, kecemasan, dll) dapat memprogram
dirinya untuk melakukan sebuah transformasi menjadi lebih baik.

Teknik Grounding sebenarnya merupakan sebuah teknik visualisasi yang
dilakukan pada saat seseorang terkontaminasi pikiran, perasaan, keinginan
dan energi negative. Teknik grounding ini biasanya cenderung  menggabungkan
antara: 1) unsur visual (imajinasi) dengan 2) unsur rasa (kinestetik)
manusia, sehingga dapat memberikan sebuah self programming yang luar biasa
yang digunakan untuk melakukan mind and body recovery ( perbaikan fungsi
pikiran dan tubuh).

Unsur Visualisasi yang dimaksud yaitu teknik visual yang dilakukan dapat
berupa pembayangan antara keadaan sekarang dengan keadaan yang diharapkan
( present condition) dengan ( expected condition). Biasanya dapat
membayangkan sebuah sinar atau warna tertentu. Warna yang biasa digunakan
adalah warna yang menenangkan seperti hijau. Warna hijau dipercaya merupakan
warna alamiah (natural) yang berfungsi untuk mengembalikan seseorang kesuatu
keadaan yang lebih baik alias tenang. Sebagai contoh saat seseorang sedang
merasakan kepenatan, maka dengan memandangi pepohonan, dedaunan, rerumputan,
segala sesuatu yang hijau dipercaya dapat menghilangkan kepenatan tersebut.
Nah, dari hasil penelitian yang berkenaan dengan pikiran dan otak maka pada
saat kita memandang ke sebuah pemandangan yang indah sebenarnya otak /
pikiran kita tidak  membedakan mana yang situasi dimana  kita memandang
pemandangan secara langsung atau kita hanya mengingat / membayangkan sebuah
pemandangan  hijau. Sehingga apabila Anda merasa penat, pusing, dll anda
dapat memanjakan diri anda dengan melakukan relaksasi tanpa anda pergi
berekrasi jauh ke Gunung, Danau maupun pantai sekalipun. Lho apakah bisa ?
Ingat pikiran kita tidak membedakan pemandangan yang langsung kita lihat
dengan hanya bersifat imajinasi, sehingga teknik grounding dalam Reiki
berfungsi untuk merilekskan seluruh bagian tubuh guna dapat mengembalikan
fungsi-fungsi tubuh ke kondisi yang terbaik

Adapun selain Unsur Visual juga dilatih unsur rasa (kinestetik) yang memang
harus diberdayakan dalam teknik grounding. Hal ini dikarenakan berimaginasi
tanpa mengikutkan perasaan merupakan hal yang sia-sia, lho mengapa begitu?
penjelasannya seperti pada saat seseorang pergi berekreasi jauh ke sebuah
tempat rekreasi namun dikarenakan pikirannya masih banyak terbebani dengan
pekerjaan, dll maka malahan dapat menyebabkan timbulnya stress, dll. Saat
seseorang melakukan teknik grounding, maka ia harus dapat mengontrol
perasaannya menuju kesebuah perasaan yang lebih baik. Ingat, kenyamanan dan
ketenangan seseorang sebenarnya terletak pada keyakinan (belief system) yang
ada pada diri manusia tersebut. Dengan penggabungan antara visual, dengan
kinestetik tersebut maka alhasil terjadilah sebuah sinkronisasi yang
seimbang sehingga dapat membawa seseorang menuju kearah yang lebih baik.
Inilah sekelumit penjelasan dari sebuah hakekat terhadap teknik grounding
yang jika dipahami secara holistik dapat bermanfaat kesetiap aspek kehidupan
kita semua.

Berikut ini merupakan dasar-dasar urutan sebuah teknik “Grounding” dalam
menghilangkan berbagai gangguan-gangguan yang disebabkan oleh energi-energi
negatif seperti kecemasan, ketakutan, kepanikan, terkontaminasi energi
negative dll. Adapun urutan cara melakukan teknik grounding dapat dilihat
pada urutan sebagai berikut :

Persiapkan diri. Anda dapat duduk bersila atau duduk dibangku dengan tulang
belakang tegak lurus tanpa memaksakan diri ( Anda dapat menambahkan
wangi-wangian, atau menggunakan air conditioner (AC) untuk menambah
kenyamanan anda selama melakukan teknik ini (pada intinya pilih ruangan yang
nyaman).

Berdoalah. Berdoalah menurut ajaran dan kepercayaan masing-masing (doa
merupakan kunci pendekatan diri kepada Tuhan yang Maha Esa (ingat,
libatkanlah Tuhan kedalam Tubuh, Pikiran dan Jiwa Anda, maka penyembuhan
secara otomatis terjadi)

Afirmasi. Lakukan afirmasi berikut ini : “Mulai sekarang bersihkan seluruh
eterik-eterik negatif, pikiran negatif, emosi negatif dan energi negatif
dari tubuh saya“.

Lakukan teknik imaginasi : bayangkan terdapat sinar berwarna putih terang,
masuk melalaui cakra mahkota menuju ke cakra jantung dan bayangkan sinar
hijau masuk dari cakra dasar menuju ke cakra jantung (imajinasikan kedua
sinar tersebut bersatu bercampur sehingga memancarkan sinar kehijauan
keseluruh tubuh). Penyatuan sinar putih dengan sinar hijau tersebut
menghasilkan sebuah pancaran sinar ke seluruh tubuh menyapu sinar-sinar yang
berwarna kehitam-hitaman dan ke abu-abuan. Imaginasikan warna hitam /
abu-abu yang disapu oleh sinar tersebut anda hempaskan menuju ke inti bumi.
Anda juga dapat

Lakukan Teknik kinestetik : pada saat proses penyatuan sinar putih dan hijau
tersebut, rasakan benar-benar penyatuan sinar putih dan hijau tersebut
(biasanya terdapat getaran atau rasa hangat didaerah cakra jantung anda),
biarkan rasa hangat/getaran tersebut menyebar ke seluruh tubuh anda. Pada
saat terdapat sinar hitam yang akan anda hempaskan ke inti bumi rasakan
sebuah gesekan-gesekan yang pada akhirnya melegakan anda karena lama
kelamaan gesekan tersebut hilang seiring dengan hempasan warna hitam
tersebut ke inti Bumi.

Pertahankan posisi Hening : Posisi hening dapat anda rasakan sesaat setelah
seluruh sinar-sinar hitam dalam tubuh anda, telah hilang dan digantikan
dengan sinar kehijauan yang menyelimuti seluruh tubuh anda. Lakukan sebuah
proses self empowerment dengan cara berafirmasi positif seperti ” Hari ini
saat ini saya adalah makhluk Tuhan yang selalu sehat dan nyaman”

Setelah anda telah merasa cukup untuk menikmati posisi hening ini, maka anda
dapat mengakhiri grounding ini dengan berdoa menurut ajaran dan kepercayaan
anda masing-masing. Teknik Grounding ini dapat anda lakukan setiap hari,
teknik ini bermanfaat untuk menetralisasi pikiran negatif, energi negatif,
dll. Teknik ini dikenal dalam Reiki karena biasa dilakukan pada saat
seseorang “terkontaminasi” energi negatif pada saat setelah seorang praktisi
bersinggungan dengan seorang pasien (ber-energi negatif).

semoga bisa membantu