From: "Christian Stephanus" <kenjeran...@gmail.com>

Date: Thu, 27 Aug 2009 07:41:52
To: <harmonisasi-universal@googlegroups.com>
Subject: [HU] Apa kabar semuanya?

Saudara-saudariku sekalian,
Apa kabar? Lebih dari 6 bulan rasanya saya tak urun rembug di milis HU
khususnya. Kiranya kesehatan dan kesejahteraan lahir dan bathin senantiasa
menyertai kita semuanya.

Melalui Bang Gerry, Mba Cacha dan Mas Arief saya mengikuti perkembangan HU dr
jauh dan sesekali.
Kebayang gak? Sudah dr jauh, sesekali pula!
Hehehe.

Entah kenapa, ini hari ada dorongan kuat untuk menyapa Saudara-saudari sekalian
sekaligus sharing perjalanan bathin saya sejak awal th 2009 hingga saat ini.

Saya melewati tahun 2008 hingga saat ini dengan perasaan yg bercampur baur.
Segenap tantangan dan kesempatan (termasuk di dalamnya godaan) yang hadir di
depan saya, sungguh membuat saya sulit untuk menjaga pikiran dan perasaan saya,
sekaligus menjaga keseimbangan antara lahiriah dan batiniah.

Saya mencoba keras untuk memaknai kehidupan ini: untuk apa dan bagaimana
sebaiknya menjalani kehidupan ini. Untuk itu, saya berusaha giat membekali diri
melalui partisipasi dalam milis HU dan juga Spiritual Indonesia, baik dalam
aktivitas interaksi virtual maupun kegiatan meditasi bersama.

Namun, kembali kehampaan-lah saya rasakan. Saya mengalami disorientasi, tak
tahu saat ini "berada dimana" dan tak tahu pula hendak kemana.

Tuhan seakan-akan meledek saya dengan berbagai pencapaian duniawi yang
dianugerahkan kepada saya. Seakan-akan ada pertanyaan yg terus muncul:
"Hayoo..mau apa kamu sekarang?...Hayoo..mau kemana kamu sekarang?"

Saudara dan sahabat sekalian, saya merasa sudah sangat puas menjalani kehidupan
ini. Rasa-rasanya, tak ada yang ingin saya ketahui lagi dr kehidupan ini.

Apakah saya sudah kaya raya? Apakah saya sudah serba kecukupan? Tidak sama
sekali. Saya hanya merasa cukuplah sudah.
Mungkin hanya tanggung jawab terhadap istri dan anak yg menahan saya untuk
tetap menjalani kehidupan ini.

Aktivitas spiritual yang saya jalani pun tak cukup memberi jawaban atas apa
yang saya rasakan, atas apa yang saya pertanyakan.
Apakah karena saya kurang intens bermeditasi? Bisa jadi..kemungkinan besar
malah.

Segala macam inisiasi tidak lagi menggugah hasrat saya. Entah kenapa.
Belum lagi "rasa nyaris putus asa" yang menghinggapi saya.  Kesadaran yang
menyiksa bahwa sesungguhnya saya bisa berbuat lebih banyak, lebih berarti bagi
sesama. Bahkan untuk orang-orang di dekat saya pun tak banyak yang sudah saya
lakukan. Tak banyak berarti.

Saya mulai mundur dan menjauh dari hiruk pikuk dunia spiritualitas. Saya
menjadi cenderung tidak ambil pusing dan akhirnya sekedar menjalani saja
kehidupan saya hari demi hari entah sampai kapan.
Demotivasi singkatnya.

Untuk apa, untuk apa dan untuk apa.. Selalu pertanyaan yg muncul dr waktu ke
waktu mengkritisi dan menggugat setiap rencana tindak yang saya siapkan.
Haruskah, pentingkah, untuk apa, untuk apa dan untuk apa..

Satu hal yg saya sadari sbg hal yg mendasar untuk memaknai kehidupan ini
adalah..hidup saya baru bermakna jika saya bisa berarti bagi sesama..dan itu
berarti tdk hanya keluarga, atasan, anak buah, tapi sesama..

Akhir kata dr sharing saya adalah, saya tidak punya cukup rejeki berlebih untuk
dibagikan kepada sesama, namun saya yakin saya punya Kasih berkelimpahan untuk
dibagikan sesama. Kasih = wujud spiritualitas. Well, mau tdk mau, tampaknya
saya harus kembali memberikan space lebih bagi spiritualitas dalam diri saya.
:D

Salam harmonis,
Nanus
Peacefully sent from my BlackBerry®

Inisiasi Guardian Angel (6 Sept 09)
http://www.flexlists.com/key/Igck3rdsCm6T4wo7CrJqrFRJhj14rov9EItH9HaM

Inisiasi gTummo by Gerald :
(Level-1: 4 Sept / Level-2: 18 sept)
http://www.flexlists.com/key/xfwaI80osPy1AowtL6uU6J2vJysFqdcXsI7bQ8Aj

Inisiasi Cahaya Inti Reiki (10 Sept 09)
http://www.flexlists.com/key/wguMlEfAKE7L04NOZb1ATtMYSv5qJOWf4q2q4h1O

Insiasi Karuna Ki (14 Sept 09)
http://www.flexlists.com/key/wHOuio2leysFrIDT5QtT3jwC3LOX0LSwtH1M537j

Inisiasi Shamballa level 3 (30/9 & 10/10)
http://www.flexlists.com/key/D7JgsxxZEyuajqCEeBWYMWMp8dD9nsR1ABi38P2N