e-RH(c) ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
                          e-Renungan Harian
     Sarana untuk bertumbuh dalam iman & menjadi saksi Kristus
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Tanggal: Kamis, 6 Agustus 2015
Bacaan : Wahyu 3:7-13
Setahun: Yesaya 27-31
Nats: Karena engkau menuruti firman-Ku, untuk tekun menantikan Aku,
      maka Aku pun akan melindungi engkau dari hari pencobaan yang
      akan datang atas seluruh dunia untuk mencobai mereka yang
      tinggal di bumi. (Wahyu 3:10)

Judul:

                          JEMAAT YANG SETIA

  Filadelfia adalah kota termuda di antara tujuh kota yang disebut
  dalam kitab Wahyu. Kota ini dibangun Raja Attalus II pada 150 SM.
  Attalus membangun kota itu untuk menyatakan kasihnya kepada Eumenes,
  saudara laki-lakinya. Karena itu, kota ini diberi nama Filadelfia,
  dari kata bahasa Yunani yang artinya "orang yang mengasihi saudara
  laki-lakinya".

  Yesus menyurati jemaat ini untuk memuji pekerjaan mereka, ketaatan
  mereka kepada firman Tuhan, dan keteguhan mereka untuk tidak
  menyangkal nama Kristus dalam penderitaan. Dia mendorong mereka
  tetap tekun dan bertahan di dalam penderitaan. Tuhan berjanji kepada
  mereka yang setia bahwa Dia akan memelihara mereka dari kesukaran
  lebih besar yang akan terjadi.

  Sesungguhnya jemaat Filadelfia bukanlah jemaat yang besar dan kuat.
  Ungkapan "kekuatanmu tidak seberapa" menunjukkan bahwa jemaat
  Filadelfia adalah jemaat yang kecil, baik dari segi jumlah anggota
  maupun sumber daya lainnya. Tuhan menegaskan bahwa Dialah yang
  memiliki otoritas tertinggi. Jadi walaupun kekuatan mereka terbatas,
  Tuhan yang akan menjadi pembela mereka.

  Kehidupan jemaat di Filadelfia memberikan inspirasi bagi kehidupan
  gereja masa kini. Minoritas dengan banyak tekanan dari luar. Tetapi,
  gereja Tuhan harus memiliki komitmen untuk hidup menaati firman
  Tuhan dalam situasi apa pun. Penderitaan yang datang justru
  merupakan ujian iman dan ketaatan kita kepada Tuhan. Mari tetap
  tekun dan setia kepada-Nya di tengah-tengah kesukaran dan
  penderitaan yang kita alami. --Eddy Nugroho/Renungan Harian

        PENDERITAAN ADALAH SALAH SATU UJIAN KEHIDUPAN BERIMAN.

e-RH Situs:                                  http://renunganharian.net
e-RH arsip web:        http://www.sabda.org/publikasi/e-rh/2015/08/06/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Diskusi renungan ini di Facebook:
        http://apps.facebook.com/renunganharian/home.php?d=2015/08/06/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Ayat Alkitab:                   http://alkitab.sabda.org/?Wahyu+3:7-13

  Wahyu 3:7-13

   7  "Dan tuliskanlah kepada malaikat jemaat di Filadelfia: Inilah
      firman dari Yang Kudus, Yang Benar, yang memegang kunci Daud;
      apabila Ia membuka, tidak ada yang dapat menutup; apabila Ia
      menutup, tidak ada yang dapat membuka.
   8  Aku tahu segala pekerjaanmu: lihatlah, Aku telah membuka pintu
      bagimu, yang tidak dapat ditutup oleh seorangpun. Aku tahu bahwa
      kekuatanmu tidak seberapa, namun engkau menuruti firman-Ku dan
      engkau tidak menyangkal nama-Ku.
   9  Lihatlah, beberapa orang dari jemaah Iblis, yaitu mereka yang
      menyebut dirinya orang Yahudi, tetapi yang sebenarnya tidak
      demikian, melainkan berdusta, akan Kuserahkan kepadamu.
      Sesungguhnya Aku akan menyuruh mereka datang dan tersungkur di
      depan kakimu dan mengaku, bahwa Aku mengasihi engkau.
  10  Karena engkau menuruti firman-Ku, untuk tekun menantikan Aku,
      maka Akupun akan melindungi engkau dari hari pencobaan yang akan
      datang atas seluruh dunia untuk mencobai mereka yang diam di
      bumi.
  11  Aku datang segera. Peganglah apa yang ada padamu, supaya tidak
      seorangpun mengambil mahkotamu.
  12  Barangsiapa menang, ia akan Kujadikan sokoguru di dalam Bait
      Suci Allah-Ku, dan ia tidak akan keluar lagi dari situ; dan
      padanya akan Kutuliskan nama Allah-Ku, nama kota Allah-Ku, yaitu
      Yerusalem baru, yang turun dari sorga dari Allah-Ku, dan nama-Ku
      yang baru.
  13  Siapa bertelinga, hendaklah ia mendengarkan apa yang dikatakan
      Roh kepada jemaat-jemaat."

Bacaan Alkitab Setahun:
        http://alkitab.sabda.org/?Yesaya+27-31
Mobile: http://alkitab.mobi/tb/passage/Yesaya+27-31

                Ditulis oleh penulis-penulis Indonesia
          Diterbitkan dan Hak Cipta (c) oleh Yayasan Gloria

 Diberkati? Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan Yayasan Gloria.
     Donasi: Rekening Bank BCA, No. 456 500 8880 a.n. YAY GLORIA

Kirim email ke