Ini kan model ekonomi....
walaupun model dinamic, berarti beliau hanya mengambil
data history demand and supply(seperti yang tertera di
bawah).  dan mungkin juga pakai data history
production & consumption. yang saya tidak tahu
bagaimana cara beliau memakai data eksplorasi, apakah
dipakai model "discovery per time(year, etc.)" atau
yang lain.  (judulnya menyatakan bahwa dia menganalisa
data eksplorasi)

harus kita garis bawahi asumsi beliau yaitu: tidak ada
penemuan cadangan yang significant.

mungkin berita nya di buat sedemikian rupa supaya
menarik minat untuk membacanya atau di bahas di milis
ini.  Bisa saja emphases dari study ini adalah model
dinamik konsumsi energy atau yang lain.

Kesalahan/kekeliruan ahli ekonomi yang sering saya
amati dalam pembuatan model dinamik eksplorasi adalah:
memakai data history tentang discovery per satuan
waktu lalu membuat modelnya dan membuat prediksinya.
mudah-mudahan hasil pengamatan saya sudah obselete.

fbs

--- Rovicky Dwi Putrohari <[EMAIL PROTECTED]>