Kalo boleh sekedar sharing dari Sci-Fi ....
Dalam film Arnold Seger-seger (Total Recall) ditunjukin bagaimana hidup dan membuat
kehidupanm di planet Mars. Disitu dicritakan seolah-olah terbentuknya kehidupan dan
penghidupan planet tersebut hanya memerlukan pemicu (trigger) yg kecil saja. Tidak
perlu mencari sebuah impact besar (giant meteor) untuk meniadakan atau mengadakan
kehidupan.
Aku rasa kita sering terkena jebakan pemikiran -->"effect besar hanya diakibatkan oleh
sesuatu yg besar" menurutku jebakan ini bisa saja ditinjau ulang.
Di Film tsb dicritakan juga bagaimana "oxygen" memicu kehidupan yg berkembang sangat
cepat.

Sebuah proses sederhana yg berupa siklus, yang berulang-ulang, terus menerus, akan
dapat menghasilkan sebuah fenomena kompleks. Proses inipun tidak selalu memerlukan
waktu yang "lama". Satu chain "atomic procees" dapat menghasilkan tenaga yg besar
dalam waktu singkat, dan mungkin saja sebuah proses yang lama hanya meninggalkan
'bekas' atau rekaman yg sangat sedikit .... persis bagaimana sebuah rekaman geologi
terbentuk dan terpreseved.

Saya saat ini juga sedang mencari info (barangkali sudah ada yg meneliti:), apakah
hancurnya dinosaurus dkk dalam periode pendek justru dipicu karena tipe DNA dyno yg
lemah dan ngga tahan thd perubahan iklim sedikit saja. Sementara ada organisme lain yg
justru tahan ... walopun ukurannya jauuuh lebih kecil namun memiliki DNA yg "kuat".
--> Size doesn't matter.

rdp