Beasiswa itu dari Pemerintah Brunei untuk ASEAN country students. Sudah ada sejak
awal, tahun 1994.

Herman

-----Original Message-----
From: [EMAIL PROTECTED] [mailto:[EMAIL PROTECTED]
Sent: 09 July 2004 14:30
To: [EMAIL PROTECTED]
Cc: [EMAIL PROTECTED]
Subject: RE: [iagi-net-l] Mencari sekolah di LN .... Apa iya bisa ?

Selain dari company, Petroleum GeoScience (MSc class) UBD juga memberikan
beasiswa kepada fresh graduate, dan semua mrk semua mendapatkan full
scholarship, mulai dari biaya kuliah+buku, akomodasi, makan, tiket PP dan
uang saku sekitar 500 dollar brunei/bulan. Kalo ngga salah, sejak tahun
2001 sd 2004 sudah ada 4 orang fresh grad dari Indonesia yang menerima
beasiswa dari UBD.

Adi

|---------+--------------------------->
|         |           "Darman, Herman |
|         |           H BSP-TSX/4"    |
|         |           <[EMAIL PROTECTED]|
|         |           hell.com>       |
|         |                           |
|         |           09/07/2004 01:13|
|         |           PM              |
|         |           Please respond  |
|         |           to iagi-net     |
|         |                           |
|---------+--------------------------->

>-----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------|
  |

  |        To:      <[EMAIL PROTECTED]>
                                       |
  |        cc:
                                         |
  |        Subject: RE: [iagi-net-l]   Mencari sekolah di LN  .... Apa iya bisa ?
                                         |

>-----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------|

Dari pengamatan saya, beberapa company sangat konsisten dalam mengirimkan
karyawannya ke MSc class di University of Brunei Darussalam. Sayang yang
dari Indonesia sangat jarang, mungkin ada faktor dorongan pemerintah untuk
mengembangkan local staff-nya.

Company tersebut adalah:
- PTT Thailand
- Petrovietnam
- Unocal Thailand (note: Bukan Unocal Indonesia)
- Brunei Shell

Company Indonesia biasanya menunggu sampai ada lulusan orang Indonesia yang
siap diinterview. Jadi mahasiswa mesti bayar uang kuliahnya dulu. Demikian
juga dengan Malaysia. Kalau karyawan yang direkrut hanya punya S1, company
di Indonesia jarang sekali yang mau kirim untuk S2. Kalau mau ambil S2
sering karyawan bersangkutan kehilangan pekerjaan.

Herman