CMIIW Jalur bawah tanah subway itu hanya untuk ruas Ratu Plaza sampai
Dukuh Atas, alias hanya sepanjang 3 km di bawah jalan Sudirman. Sisanya
dari Lebak Bulus ke Ratu Plaza akan pakai rel layang 12 meter diatas
jalan.

Monorail juga  sudah mulai dibangun, dari Plaza Senayan dan (katanya)
akan ke arah Jalan Casablanca entah sampai ke mana.

Konon katanya subway diperkirakan akan bisa mengangkut 150 ribu an orang
per hari. Moga-moga sebagian besar dari jumlah itu adalah mereka yang
biasanya memakai mobil pribadi. Unfortunately niat untuk memancing
pengguna mobil pribadi rasanya belum didukung dengan keterpaduan sarana
semisal penyediaan lahan/gedung parkir yang layak di dekat tempat
pemberangkatan. Bahkan rute dari tiga moda angkutan baru tersebut
(busway, subway, Monorel) pun tidak terlalu efektif untuk melayani kaum
komuter yang banyak tinggal di kawasan barat timur dan selatan Jakarta
(ie. Bekasi-Depok-Pamulang-Cileduk-Tangerang etc).

Pengalaman pribadi naik busway: hari kerja jam 5.15 sore coba naik dari
Dukuh Atas ke Ratu Plaza. Lebih dari setengah jam antri, belum juga bisa
masuk karena begitu penuh. Padahal bus yang lewat sudah lebih dari 10
an. Ahirnya menyerah, keluar dari halte (hilang deh Rp. 2500) dan cegat
taksi dipinggir jalan.

Makanya Vick, sering2 ke Jakarta. Di KL khan  kita nggak akan bisa
ngerasain duduk selama 8 jam di kantor ditambah 3 jam lagi di mobil he
he he...

Salam
Oki