Disinilah menariknya Q
Discovery mungkin belum ada. Tetapi discovery itu bisa "dipercepat",
dengan jalan diiming2i profit yang bagus. Misalnya diberlakukan split
yg berbeda atau insentif lain sehingga jumlah sumur yg dibor menjadi
semakin banyak.

Seperti yg saya contohkan kemaren ttg GOM yang jumlah sumur
eksplorasinya saja mungkin sudah beribu2, sehingga jumlah HC yg
ditemukanpun juga relatif sangat besar. Nah kalau dibandingkannya
dengan jumlah sumur persqKm, maka jumlah sumur yg sedikit itulah yg
menunjukkan kurang menariknya daerah ini. Tentusaja bukan hanya
menarik scr geologi, semuanya akan tertarik kalau ada arti ekonomis
tentunya.

Di Malaysia ini hampir setiap PSC memiliki karakteristik sendiri2.
Jadi term PSC nya tidak generik. Tapi tergantung dengan siapa
(perusahaan besar atau kecil) PSC itu dibuat.
Bedanya dengan di Indonesia misalnya ttg Marginal Field. DI Malaysia
ini ada PSC yg termnya  sangat bagus seandainya menemukan lapangan yg
ukurannya < 30MMBO (EUR). Justru kalau reservesnya lebih dr 30MMBO
tidak lebih banyak menguntungnkan kontraktor tapi enguntungkan
hostcountry-nya.

Nah dengan cara ini maka prospek yg memiliki reserves yg kecil2 justru
yg dikejar2, bahkan kadang lucunya lapangannya dipotong2 kecil supaya
terlihat reservesnya masing2 kurang dr 30MMBO (EUR). Atau ngebornya
ngga usah dalem2, nanti kalau nemuin yg besar malah "repot". Kalau
dirasa reservenya sudah cukup ya TDnya di set disekitar situ2 saja
....  Akhirnya dengan reserves kurang dr 10 MMBO pun di offshore
Sarawak bisa "fly" juga.

RDP
"discovery is crafted and created .... not just luck"