Data migas kita ini sebenarnya statusnya bagaimana yah? Ada yang
bilang universitas bisa menggunakannya asalkan mengurus ijinnya dulu.
Terus ada yang bilang 'tapi biaya penggandaan data itu mahal'
(kebayang kalau harus mereproduksi sepia wireline log dan seismik
panjang-panjang pasti memang menjadi mahal). Ada lagi yang mengatakan
datanya rahasia, paling-paling universitas bisa menggunakan jika
kebetulan mereka mendapatkan proyek dari
pemerintah/pertamina/perusahaan lain. Itupun perlu mengganti segala
macam 'header-koordinat' bla..bla..bla...Belum nanti soal ijin yang
ruwet, dll.

Kalau kita mau dan berniat, mestinya data-data lama seperti yang
diambil tahun 1970-an dan 80-an sudah bisa di-Open File-kan. Makin
banyak yang lihat, makin banyak yang studi, lalu mudah-mudahan makin
banyak publikasi. Bukankah hal-hal seperti ini yang kita inginkan?

Salam
Minarwan