Menyambung minat rekan-rekan mengenai cased hole sonic, krn. ada beberapa pertanyaan saya mencoba menjawab semua pertanyaan dlm. satu email dan mudah2an nggak ada terlewat, maaf kalo sampai yg. terlewat.

Tool sonic bekerja spt. seismik, jd. ada source yg. memancarkan gelomb. akustik kemudian menjalar ke formasi dan ditangkap lagi oleh receiver, dr. data ini bisa didapatkan slowness atau kecepatan formasi utk. berbagai kepentingan.

Seperti yg. telah saya terangkan sebelumnya, tantangan utama pd. cased hole sonic (saya menghindari kt. dsi, krn. itu nama dagang SLB) dan ini masalah fisika jd. bukan masalah suatu tool pd. suatu perusahaan service tertentu, tp. ini menjadi masalah semua orang yg. berkecimpung disini, sekali lagi ini fisis, jadi tantangan utama nya adalah bagaimana caranya agar bisa mendapatkan kecepatan formasi yg. true jika gelombang yg. dipancarkan ke suatu formasi melewati halangan2 yg. dapat membiaskan kecepatan formasi.
Casing dapat kita anggap merupakan lapisan tipis tp. mempunyai impedansi yg. tinggi yg. terletak diantara tool dan formasi dan jangan lupa juga setelah casing ada juga cement. Nah bonding antara casing dan cement dan juga antara cement dan formasi inilah yg. sering menimbulkan masalah utk. mendapatkan kecepatan formasi.

Yg. terjadi adalah ketika source memancarkan gelombang akustik ke dalam formasi, casing ini juga akan bergetar atau beresonansi sehingga timbullah gelombang2 baru yg. disebabkan casing ini (atau disebabkan krn. buruknya cement bonding), nah gelombang2 ini ditambah gelombang awal akan menjalar bersama2 ke dalam formasi lalu kembali lagi ditangkap oleh receiver. Pengaruh casing tsb. akan melemahkan energi gelombang utama yg. dipancarkan sehingga ketika diterima oleh receiver energinya sudah melemah dan amplitudonya kecil, sedangkan secondary waves yg. ditimbulkan oleh casing maupun cement cenderung high amplitude dan akan menutupi (masking) gelombang utamanya itu. Sebagai contoh, compressional slowness casing biasanya berkisar antara 53 us/ft - 60 us/ft, jika formasi yg. diamati batu gamping yg. umumnya mempunyai slowness sekitar 50 - 60 us/ft, casing arrival ini cenderung akan menutupi formation arrival jadi akan sulit dipisahkan mana yg. kecepatan formasi mana yg. casing dengan metoda semblance spt. yg. Pak Ferdinand bilang, kenapa? ini topik yg. berlainan kita akan diskusikan lain waktu saja. Tp. pada intinya kecepatan formasi dlm. hal ini akan tertutupi oleh casing dan pengaruh2 lain yg. sulit utk. dikuantifikasi.

Nah oleh krn. itu sebelum melakukan akuisi cased hole sonic spt. yg. saya jelaskan sebelumnya, alangkah baiknya kalau dilakukan pre-survey modeling, nah menjawab pertanyaan Pak Paulus, krn. dr. namanya saja pre-survey, berarti itu dilakukan sebelum dilakukan akuisisi dgn. tujuan dapat mengoptimalkan setting transmitter -receiver spacing, frekuensi source yg. dipakai, dsb. tp. utamanya adalah kedua faktor tsb. Parameter2 yg. dibutuhkan adalah casing size, hole size, perkiraan kecepatan formasi (bisa diperkirakan dari litologinya) dan yg. paling penting utk. kesuksesan cased hole sonic adalah bonding nya, faktor bonding ini bisa diperiksa dengan melakukan akusisi CBL (Cement Bonding Log), dr. CBL ini kita bisa tahu zone2 mana yg. bonding nya jelek, kl. bondingnya jelek di daerah interest, apakah bisa dilakukan sesuatu untuk meningkatkan bondingnya seperti cement squeeze, atau jika kita ubah T-R spacing-nya apakah ada pengaruhnya, krn. dengan T-R spacing lbh panjang diharapkan efek casing bisa dikurangi, atau juga mengubah frekuensi sourcenya apakah bisa mengimprove sinyalnya, krn. aturan jempolnya adalah gelombang dengan frekuensi rendah penetrasinya akan lebih dalam dibanding gelomb. dgn. frek. tinggi. Nah parameter2 inilah yg. bisa didapatkan pd. pre-survey. jadi biasanya utk. cased hole sonic sebaiknya diakuisi dgn. menggunakan frekuensi source yg. berbeda-beda, lalu coba dianalisa pd. saat datanya di proses.

Kunci utama pd. cased hole adalah cement bonding-nya. Jd. kl. berencana utk. melakukan cased hole sonic, cobalah lakukan ekstra effort utk. meningkatkan cement bonding ini.

Dr. segi prosesing, juga dilakukan prosesing tambahan utk. mencoba mengeliminasi efek2 casing plus cement misalnya, ini hanya salah satu metoda, dgn. filter tertentu kita bisa mengeliminasi casing arrivalnya shg. formation arrivalnya yg. tadinya tertutupi akan muncul, tp. jika kecepatan formasi dan kecepatan casingnya sama, bukankah filter tsb. juga akan menghilangkan formation arrivalnya? bisa juga mencoba berbagai jenis filter pd. data yg. mempunyai beberapa macam frekuensi, jd. casing arrivalnya dibiarkan saja, tdk. usah dihilangkan, tp. kita berusaha utk. meng-enhance formation arrivalnya.

Yg. saya terangkan diatas adalah prinsip utamanya saja krn. terus terang, masalah ini adalah masalah yg. sangat kompleks dan penyelesaiannya tdk. sederhana dan kadang2 malah tdk. ada solusinya, tp. untuk bisa menyelesaikan masalah yg. kompleks biasanya kita mulai dengan penyelesaian yg. sederhana. Mudah2an membantu temen2, maaf kalo kepanjangan.

Thanks
Leo Anis