Pak Awang:
Kalau P Christmas sampai di subduction zone selatan Jawa, ini bukan ganjel
lagi, tetapi sudah merupakan collision. Mungkin banyak yang belum jelas apa
yang disebut collision atau tabrakan (tumbukan?)
Kalau lempeng samudra itu menggendong jajaran P volcanic bahkan menggendong
(lebih tepat lagi: menarik ) suatu continent, atau microcontinent seperti
Indian subcontinent, maka terjadi tabrakan (collisiion) yang hasilnya adalah
resp. Pegunungan Jayawijaja dan Peg. Himalaya. Sebelum merapat betul, tentu
masih terdapat ganjel2 juga yang menyebabkan gempa), sampai merapat betul
menjadi "megasuture" seperti Pg. Ural, yang menyatukan kedua lempeng
tersebut, dan gempa pun berhenti sama sekali.
Soal ganjel (obstruction), di San Andreas Fault juga terjadi ganjel-ganjel,
jika, terutama
jika bidang patahan belok, atau di offset oleh sesar lain (Garlock Fault).
Pada tittik2 inilah terjadi "stress accumulation". Kita harus sadar bahwa
batas2 lempeng apakah mid-oceanic ridges, transform faults dsb tidaklah
mungkin "smooth" sebagai mana idealnya, tentu di banyak tempat terdapat
bengkok2, benjolan atau ganjel. Juga pergerakan lempeng tidak mungkin
berjalan "smooth" seperti  "conveyor belt" atau "escalator", tetapi
tersendat-sendat karena adanya ketidak-rataan di banyak tempat termasuk juga
di MOR.Sebaran epicentra adalah sebaran dari epicentrum dari waktu yang
berbeda-beda dan jangka waktu yang lama. Sebaran epicentra adalah rekaman
dari keberadaan obstruction pada jangka waktu yang lama, yang meunjukkan
bahwa di tempat tersebut pernah ada ganjel (obstruction) tetapi sekarang
tentu sudah tidak ada lagi karena telah "ruptured". Jarang atau mungkin
praktis tidak ada 2 atau lebih gempa bumi dari epicentrum yang berbeda
terjadi pada waktu yang bersamaan, paling terjadi secara beruntun. Jadi
jelas sebaran epicentra itu bukan suatu epizone. Perlu diingatkan bahwa
gempa bumi selalu mempunyai hanya satu epicentrum, bukan bukan berasal dari
suatu epizone, bahkan tidak pernah dari beberapa epicentrum sekali gus (para
seismolog bisa bingung menentukan titik lokasi epicentrum). Yang dimaksud
dengan epizone bukanlah penyebaran epicentrum, dan memang epizone tidak
pernah ada, karena gempa bumi bukan disebabkan karena tabrakan 2 lempeng
yang serba lebar.

Mengenai melokalisasi ganjel yang belum jebol kita harus mempunyai konsep
dulu, ganjel2 itu secara geologi gejala apa,
apakah perpotongan sesar kerak (crustal fault), apakah blok sesar, saya kira
banyak gejala kerak bumi yang bisa jadi ganjel. Tugas geologist sekarang ini
mengidentifikasi berbagai jenis ganjel yang bisa terjadi sepanjang jalur
antarmuka lempeng. Dari situ mungkin kita pikirkan metoda untuk melokalisi
ganjel2 tsb, mungkin gps, mungkin gravity dsb.

Wassalam
RPK
Wassalam