Mungkin benar juga karena ada referensinya (sistim
Dutch / Belanda).

Tapi yang biasa dipakai untuk ukuran besaran di G&G
data adalah
    1. Sistem metric (m, km, gr, kg, seconds, etc)
       atau
    2. Sistem English (feet, mile, ounce, pound,
seconds, etc)

Memang ada beberapa tambahan seperti barel, etc.

Yang perlu dilakukan adalah standarisasi data dan
format karena contohnya dulu data seismik hasil
reprocessing disimpan dalam standar perusahaan
processing masing-masing. Masalahnya ketika akan
dibaca harus dengan sistem perusahaan yang
memproduksinya dulu, lebih gawat lagi bila perusahaan
tsb sudah tidak ada dan data original lapangannya
sudah tidak ada / tidak bisa dibaca lagi.

Jadi perlu ada standarisasi data, seperti seismik
harus dalam SEGY atau SEGD demultiplexed. Sedang data
well / sumur dalam LAS atau LIS. Data penunjang
lainnya harus dalam format ASCII. Sehingga standar
data ini dapat dibaca / diproses ulang oleh perusahaan
lainnya.

Salam

TAM
yang pernah merasakan sulitnya melakukan standarisasi
data seismik di awal 90-an.

<http://www.unc.edu/%7Erowlett/units/dictG.html#grain>.

<http://www.unc.edu/%7Erowlett/units/dictA.html#avoirdupois>

<http://www.unc.edu/%7Erowlett/units/dictL.html#libra>

<http://www.unc.edu/%7Erowlett/units/dictL.html#livre>.

<http://www.unc.edu/%7Erowlett/units/dictO.html#ounce>.
> [...]
> asalnya pond = 494 gr.
>
> So biarlah orang umum di Indonesia menggunakan:
>
> 1 ons = 100 gr
> 1 pon = 500 gr
> jadi 1 pon= 5 ons. Dengan ini, Ibu-ibu yang suka
> belanja nggak perlu
> bakal bingung.:)
>
> tetapi untuk keperluan tertentu yang menggunakan
> ounce atau pond,
>
> 1 ounce = 28.35 gr
> 1 pound = 453,6 gr
>
> Barangkali kendala untuk 2 yang terakhir ini adalah
> terjemahan ke bahasa
> Indonesia, mungkin ini yang perlu dicari bersama.

=== message truncated ===