From: [EMAIL PROTECTED] [mailto:[EMAIL PROTECTED]

Sent: Wednesday, July 13, 2005 10:26 AM
To: iagi-net@iagi.or.id
Subject: Re: [iagi-net-l] Hemat BBM- share dari Rotarian Subagio

kalau saya lebih percaya sistem pasar bebas yang kompetitif. harga
bensin
yang dikatrol subsidi merupakan harga semu  yang tidak menguntungkan
semua
pihak, pasar menjadi semu dan tidak kompetitif. usulan saya adalah sbb:

- hapuskan subsidi bbm secara total, sehingga harga komoditi bbm
merupakan
harga pasar. tetapi harus dibarengi dengan pencabutan monopoli
distribusi
bbm oleh pertamina, sehingga perusahaan lain bisa bersaing dengan
kompetitif untuk distribusi bbm. juga harus disertai penghapusan pajak
kendaraan bermotor.

salam -

                      Harry Kusna

                      <[EMAIL PROTECTED]         To:
iagi-net@iagi.or.id
                      o.com>                   cc:

                                               Subject: Re: [iagi-net-l]
Hemat BBM- share dari
                      13/07/2005 11:20         Rotarian Subagio

                      AM

                      Please respond

                      to iagi-net

Sebetulnya ada ide seorang teman (Pak Mac Sarwadhamana di ITB - TF75)
yang
mengatakan

bahwa mungkin ada baiknya subsidi BBM itu ditagih langsung dari pemakai
yg
tidak "layak" menikmatinya dengan cara pembayaran dimuka, dengan
hitungan
sbb:

Mobil2 plat hitam (dan juga plat merah) dapat diklasifikasikan
berdasarkan
konsumsi BBM-nya. Misalnya mobil 1500 cc di Jakarta berjalan rata2
20000km/thn, dan konsumsi
BBMnya adalah 1ltr/10km, sehingga konsumsi BBM setahunnya adalah 2000
liter. Katakanlah misalnya subisidi BBM adalah Rp. 1000 / ltr, sehingga
subsidi BBM yg dikonsumsi mobil tsb setahun adalah 2000 ltr/thn X
Rp.1000/ltr = Rp. 2,000,000 /thn.
Harga inilah yg harus ditagihkan ke mobil tsb di muka pada saat
perpanjangan STNK.
Semakin besar cc mobi, maka semakin boros pula konsumsi BBMnya, sehingga
semakin besar pula nilai subsidi BBM yg harus dia bayar.

Kalau pendapat saya, system ini lebih mengena, karena tidak akan
mengenai
rakyat banyak yg tidak punya mobil. Tetapi dampaknya, mobil2 simpanan yg
tadinya sedikit berjalan, akan lebih banyak dipergunakan karena
pemiliknya
merasa telah membayar subsidinya dan akan merasa rugi jika tidak
menggunakannya. Tidak tahu berapa persen mobil yg bersifat seperti ini
(mobil simpanan?). Akibatnya lagi, jalan di Jakarta akan semakin macet.

Ttg penarikan uangnya dan kemungkinan korupsi yg akan semakin marak,
saya
kira dengan era komputer dan budaya anti korupsinya Pak SBY sekarang,
hal2
di atas seharusnya dapat diatasi.  Data mobilnya jelas, system inventory
dan postingnya ada secara komputer dan terintegrasi dng system2 lain
(samsat dsb), jadi saya rasa "agak" sulit untuk diakali.  Yang akan
banyak
terjadi adalah mungkin dampak sosialnya saja, ant. lain spt.:

     Bgmn dng mobil2 tua yg cc-nya besar2 yg masih digunakan?  Logikanya
mobil2 spt ini  digunakan oleh kalangan yg ekonominya tertinggal, krn
mereka tdk mampu membeli yg lebih baru?  Apakah ini berarti mereka2
tidak
boleh bermobil-ria lagi?  Padahal selama system transportasi belum
memadai,
mobil masih akan menjadi kebutuhan primer di masyarakat kita.

     Bgmn dng harga BBM yg murah, yg memungkinkan terjadinya
penyelundupan?
Dng membayar subsidinya di muka, berarti harga BBM di pasar akan dijual
dng
harga bersubsidi (lebih murah dari harga sebenarnya).  Jika dijual ke
negara tetangga yg harga BBMnya lebih mahal, hal ini akan memberikan
keuntungan yg menarik.  Bgmn kita mencegahnya?

      Mungkin banyak lagi bagaimananya, yg harus dipikirkan, dan rasanya
menjadi kewajiban moral kita semua untuk memberi masukan2 ini.

Wassalam - HK

Paulus Tangke Allo <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
kalau pakai warna, harga bbm-nya tambah mahal ndak?
maksudnya, apa perlu pewarna khusus utk mewarnai bbm?

lagipula, kalau sampai berbekas di tangki,
apa nanti tidak berbekas juga di komponen mesin lainnya?
bahayakah?

--pta

On 7/13/05, [EMAIL PROTECTED]
wrote:

> Pengusaha yang punya angkot isi bensin, terus dkeluarin, dijual di
pinggir
> jalan dengan harga di antara harga bbm untuk angkot dan bbm untuk
> kendaraan pribadi ....pasti laku keras...
> kenapa kok enggak pakai sistem warna saja ya...? kalau angkot mis :
bbm
> warna hijau dan pribadi warna merah...dan ada bekasnya di tangki....

Komisi Sedimentologi (FOSI) : Ratna Asharina
(Ratna.Asharina[at]santos.com)-http://fosi.iagi.or.id
Komisi SDM/Pendidikan : Edy Sunardi(sunardi[at]melsa.net.id)
Komisi Karst : Hanang Samodra(hanang[at]grdc.dpe.go.id)
Komisi Sertifikasi : M. Suryowibowo(soeryo[at]bp.com)
Komisi OTODA : Ridwan Djamaluddin(ridwan[at]bppt.go.id atau
[EMAIL PROTECTED]), Arif Zardi Dahlius(zardi[at]bdg.centrin.net.id)
Komisi Database Geologi : Aria A. Mulhadiono(anugraha[at]centrin.net.id)