Mengenai literatur untuk daerah Indonesia saya kira yang paling banyak
adalah IAGI dan IPA.
Tapi yang saya lihat kok sampai sekarang tidak ada database online yang
bisa diaccess ya...?
Saya pribadi juga sering kesulitan mencari paper dari IPA dan IAGI, karena
kadang ada , kadang tidak di perpustakaan.
Kalau ada search engine di IPA dan IAGi kan tinggal klik dan keluar
(seperti SPE dan AAPG).
Dan mungkin malah bisa di ajukan ke company / universitas sebagai
corporate/ education access.

Memang sepertinya kerja besar tapi kalau enggak dimulai rasanya gimana gitu
lhoo

Regards

Kartiko-Samodro
Telp : 3852

|---------+---------------------------->
|         |           "R.P.            |
|         |           Koesoemadinata"  |
|         |           <[EMAIL PROTECTED]|
|         |           et.id>           |
|         |                            |
|         |           13/11/2005 11:15 |
|         |           PM               |
|         |           Please respond to|
|         |           iagi-net         |
|         |                            |
|---------+---------------------------->

>----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------|
  |

  |       To:       <iagi-net@iagi.or.id>
                                               |
  |       cc:
                                               |
  |       Subject:  Re: [iagi-net-l] Geologi Kepulauan Sula
                                               |

>----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------|

Sebetulnya Sdr. itu sudah harus bisa cari sendiri mengenai referensi untuk
tugas akhir Sdr. Saya hanya mau berikan tips saja.
Pertama, carilah Proceedings IPA terakhir, cek daftar isinya apakah ada
makalah mengenai daerah Anda. Sebaiknya Anda melihat lebih regional,
misalnya makalah mengenai seluruh Indonesia Timur, Banda arc, Maluku atau
mengenai Sulawesi, kalau tidak ada lihat Proc IPA sebelumnya, dan
seterusnya. Kalau sdr mendapatkan artikel mengenai daerah Sdr atau
sekitarnya, catat daftar references, dan kemudian cari berdasarkan
references itu apakah ada artikel2 sebelumnya. Juga lihat lembar peta
geologi yang dikeluarkan oleh P3G, dan pelajari daftar pustakanya lagi.
Pelajari juga buku Hamilton, 1976, Tectonics of the Indonesian Region, yang

diterbitkan oleh USGS, pelajari dan catat daftar pustakanya yang relevant
dengan pulau Mangole dan sekitarnya, kalau mau lebih lengkap lagi pelajari
Buku van Bemmelen, dan daftar pustakanya lagi.
Kalau ternyata tidak ada makalah dari referensi itu di perpustakaan
Universitas Sdr, baru minta tolong IAGI-net, dan sebutkan pengarang, judul
dan publikasinya, mungkin banyak yang bisa membantu dengan mengirimkannya
dalam bentuk .pdf dalam CD-ROM
Itu saja nasehat saya.
PLEASE DO NOT ATTACH FILE LARGER THAN 500 KB
R.P.Koesoemadinata
Jl. Sangkuriang G-1
Bandung 40135
Telp: 022-250-3995
Fax: 022-250-3995 (Please call before sending)
e-mail: [EMAIL PROTECTED]