Wah ....
Sangat menarik apa yang telah Bapak-Bapak uraikan mengenai kesiapan pelaksanaan
PIT-IAGI di Pekanbaru. Sepertinya kami di Makassar harus Running lebih cepat
kalo mau "bersaing".
Mungkin disini saya bisa memberikan juga sedikit gambaran tentang Makassar (
Sulawesi Selatan )
Di Makassar terdapat Jurusan Teknik Geologi UNHAS dengan PENGDA IAGI yang
alhamdulillah sudah mulai aktif dalam menjalankan programnya. Juga ada beberapa
institusi pendidikan kebumian lainnya seperti Teknik Pertambangan Universitas
Muslim Indonesia dan Teknik Pertambangan UVRI Makassar.
Berbicara mengenai Aspek Geologi Sulawesi Selatan juga dapat dikatakan cukup
kompleks. Ke arah utara terdapat hamparan limestone yang merupakan Kawasan
Karst Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung (TNBB = Maros - Pangkep). Kawasan
ini dipenuhi oleh gua-gua karst baik vertikal maupun horizontal dengan berbagai
macam ukuran. Juga terdapat 2 Industri Semen Portland yaitu Semen Bosowa di
Maros dan Semen Tonasa di Pangkep. Dipangkep juga dijumpai Kompleks Tektonik
Bantimala dimana dijumpai Batuan-Batuan metamorfisme tingkat tinggi seperti
Eclogite dll. Ini sudah banyak diteliti oleh berbagai ahli dari dalam dan luar
negeri.
Terus ke Utara di Kab. barru terdapat Kampus Lapangan Jurusan Teknik Geologi
UNHAS dimana dikelilingi oleh obyek Geologi singkapan batuan dari batuan alas
yang tertua (metamorf) sampai batuan yang termuda dari berbagai formasi.
Untuk geothermal terdapat permandian alam Lejja di Kab. Soppeng yang air
panasnya lumayan. Di kab. Wajo terdapat gas field yang dikelola oleh energi
equity walaupun dalam skala kecil. Di Soroako tentunya tidak asing lagi
Industri NIckel PT. INCO yang merupakan salah satu yang terbesar di Indonesia.
Untuk Geowisata tentunya cukup terkenal TanaToraja dengan obyek wisata Kuburan
batunya.
Dalam hal Geologi Teknik juga terdapat Bendungan Bili-Bili pada aliran sungai
Jeneberang yang kemarin sempat ramai dengan Bencana Longsor Bawakaraeng. Dan
masih banyak lagi obyek-obyek lainnya yang sangat menarik bagi ahli-ahli
Geologi.

Mungkin ada tambahan dari Bapak-Bapak yang dari Makassar.

Wassalam,

Ashadi Cahyadi

ARTECE STUDIO
BTN Antara A14 No. 8