Ferdi,
dulu juga pegawai2 perusahaan lain susah di tembus oleh head hunter,
awalnya mereka hanya bisa dapat orang2 yang memang "happy wanderer" atau yang
sudah dapat paket "golden handshake".
Nah yang paling besar kendalanya adalah yang belum dapat paket golden handshake.
tapi kalau situasi supply tenaga kerja di bidang migas tambah prihatin, maka
tidak tertutup kemungkinan ada signature bonus (sudah ada yang berani kasih dua
bulan gaji)
tetapi mudah2an Ferdi benar, banyak yang jatuh cinta sama Balikpapan dan sama
Total.

Saya sangat setuju dengan penerimaan "fresh graduate" yang konsisten.  industri
migas masih dalam masa kejayaannya dalam satu atau dua dekade lagi, dan
industri ini adalah salah satu penunjang utama di RI.

di Petronas, mereka baru saja menerima sekitar 80 fresh graduate G&G, kata
salah satu senior manager disini, mereka sudah sangat bersukur kalau 25 % dari
jumlah tersebut tinggal dan bekerja sebagai pegawai tetap Petronas,  dan 25 %
nya lagi nanti balik sebagai konsultan di Petronas sesudah melanglang buana ke
negara lain.
tetapi mereka men training nya tidak tanggung2, tentu saja disisipi brain wash
banyak hal supaya mau tetap tinggal kerja untuk Petronas.

sekalian saya mau garis bawahi usaha yang telah dilakukan oleh Pak Minarwan
untuk buat milis khusus untuk mentoring (silahkan buka lagi email yang dikirim
oleh Paul).
mari kita sama sama bantu usaha ini.  jadi walaupun kita sedang bekerja di
negara lain karena satu dan lain hal, kita masih bisa membantu.
tidak perlu jadi lampu petromaks cukup jadi lilin saja sudah akan bisa berguna
ditempat yang gelap.

milis seperti ini sebenarnya sudah ada dan saya rasa masih aktif dibuat oleh
mahasiswa+ dosen Unibraw dan Unhas secara terpisah.  Tetapi yang dibuat oleh
Pak Minarwan ini lintas universitas dan lintas perusahaan dan lintas geografi.
mari kita ikutan di milis ini.

Gimana Ferdi, bersedia ikutan di milis tersebutkah?

selamat berakhir pekan.

fbs
baru saja ikut diskusi bagaimana me-motivasi fresh graduate untuk belajar
ekstra sambil kerja.